-->

PENGERTIAN DAN PROSES SIKLUS AIR (HIDROLOGI)

slide212 


Yooo. Balik lagi nih sama skipzen.blogspot.com jangan bosen ya ketemu saya, untuk mendinginkan kepala dari game ane coba refresh nih blog dengan menggunakan artikel yang berbeda selain untuk havefun, blog ini ane mau bikin jadi full informasi yang sangat membantu sobat dalam proses belajar. Udah dulu basa basinya langsung aja baca isi artikel Siklus Air : Pengetian, Proses, kesimpulannya dibawah ini.

Siklus hidrologi atau disebut juga siklus air adalah proses yang didukung oleh energi matahari, yang menggerakan air antara lautan, langit, dan tanah, di mana air bersirkulasi dari tanah ke udara dalam suatu siklus yang berkelanjutan.

Air adalah kekuatan pendorong dari semua alam (Leonardo da Vinci). Benar dinyatakan oleh pelukis dan pematung terkenal ini, air adalah salah satu zat yang paling penting di bumi, karena semua organisme hidup membutuhkan air untuk bertahan hidup. Selain itu, fakta yang diketahui bahwa air mencakup sekitar 70% dari permukaan bumi.

clip_image003

Dengan demikian, sebagian besar hewan darat membutuhkan pasokan air segar untuk bertahan hidup. Namun, ketika memeriksa penyimpanan-penyimpanan air di bumi, 97,5 persen itu adalah air asin non-minuman. Air yang tersisa, 99 persen terkunci dibawah tanah sebagai air atau es. Jadi, kurang dari 1 persen dari air tawar yang mudah diakses dari danau dan sungai.

Banyak makhluk hidup, seperti tanaman, hewan, dan jamur, tergantung pada jumlah kecil pasokan air permukaan yang segar, kekurangan air dapat memiliki efek besar pada dinamika ekosistem. Manusia, tentu saja, telah mengembangkan teknologi untuk meningkatkan ketersediaan air, seperti menggali sumur untuk mengambil air tanah, menyimpan air hujan, dan menggunakan desalinasi untuk mendapatkan air minum dari laut. Meskipun pengejaran air minum ini telah berlangsung sepanjang sejarah manusia, pasokan air bersih masih menjadi masalah utama di zaman modern.

Siklus air sangat penting untuk dinamika ekosistem karena memiliki pengaruh besar pada iklim dan, dengan demikian, pada lingkungan ekosistem. Misalnya, ketika air menguap, tidak memakan energi dari sekitarnya, pendinginan lingkungan. Ketika mengembun, ia melepaskan energi, pemanasan lingkungan. Tahap penguapan adalah siklus memurnikan air, yang kemudian mengisi ulang tanah dengan air tawar.

Aliran air cair dan es mengangkut mineral di seluruh dunia. Hal ini juga terlibat dalam pembentuk kembali fitur geologi bumi melalui proses termasuk erosi dan sedimentasi. Siklus air juga penting untuk pemeliharaan yang paling hidup dan ekosistem di planet ini. Sebagian besar air di bumi disimpan untuk waktu yang lama di lautan, tanah, dan es. Waktu tinggal adalah ukuran waktu rata-rata molekul air individual tetap dalam reservoir tertentu. Sejumlah besar air bumi terkunci di tempatnya pada waduk ini seperti es, di bawah tanah, dan di laut, dan, dengan demikian, tidak tersedia untuk siklus jangka pendek (hanya air permukaan yang bisa menguap).
Ada berbagai proses yang terjadi selama Siklus air, yang meliputi:
· penguapan / sublimasi
· kondensasi / presipitasi
· aliran air bawah permukaan
· limpasan permukaan / pencairan salju
· debit sungai

TAHAPAN SIKLUS AIR

Ada sejumlah langkah yang terlibat dalam siklus air. Air melewati semua tiga keadaan materi selama siklus ini. Kekuatan alam seperti matahari, udara, tanah, pohon, sungai, laut, dan pegunungan memainkan peranan penting dalam menyelesaikan siklus air.

A. Tahap 1 ( Penguapan )

Penguapan adalah proses perubahan air dari cair ke gas. Ketika matahari memanaskan air di sungai, danau atau lautan, ia menyediakan energi yang cukup untuk memecahkan ikatan hidrogen antara molekul-molekul air. Molekul-molekul individu naik melalui udara ke atmosfer, dalam bentuk uap air atau uap.Hanya air tawar yang dapat membuat jalan sampai ke awan, air laut akan meninggalkan garam, mineral dan logam ketika menguap. Matahari menjadi kekuatan pendorong dari siklus air. Ini memanas air di laut, sungai, danau dan gletser, yang menguap dan naik ke atas di udara. Air juga menguap melalui tanaman dan tanah melalui proses yang disebut transpirasi. Air menguap ini dalam bentuk uap air, yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

B. Tahap 2 ( Kondensasi )

Kondensasi adalah proses mengubah air dari gas ke cair. Saat uap air naik, menjadi lebih dingin dan mengalami perubahan kembali menjadi tetesan air cair kecil. Ini bergabung bersama untuk membentuk awan.
Air selalu berputar di sekitar, melalui dan di atas bumi. Ini disebut siklus air alami – gerakan air yang kontinu antara tanah, laut, sungai dan anak sungai dan atmosfer. Saat air bergerak melalui siklus, perubahan status dari cairan (air hujan, air laut) ke gas (uap air) dan kembali ke cairan. Cairan juga dapat membekukan dan menjadi padat (es atau salju). Proses alami ini menghilangkan beberapa kotoran air, terus-menerus mengisi persediaan air tawar bumi itu adalah cara planet kita mendaur ulang air. Siklus air sangat penting bagi kehidupan di Bumi, dan telah terjadi selama miliaran tahun. Bahkan, air yang kita minum hari ini bisa saja diminum oleh dinosaurus jutaan tahun yang lalu, meskipun telah dibersihkan berkali-kali sejak itu.Uap air ini kemudian masuk bersentuhan dengan arus udara, yang membawanya lebih tinggi ke atmosfer. Setelah mencapai suhu dingin, uap air mengembun membentuk awan, yang mengandung jutaan tetesan kecil air.

C. Tahap 3 ( Air Hujan )

Air hujan adalah ketika hujan, salju, hujan salju atau hujan es jatuh dari langit. Ketika begitu banyak air mengembun sehingga udara tidak dapat mendukung berat, air jatuh dari awan ke bumi. Tergantung pada suhu udara, air dapat mengambil bentuk cair (hujan), atau bentuk padat (salju, hujan salju atau hujan es). Awan ini bergerak sepanjang dunia dan tumbuh semakin besar mengumpulkan uap air lebih banyak dalam perjalanan mereka. Ketika itu menjadi terlalu berat untuk awan untuk menahan uap air lagi, mereka meledak dan tetesan air jatuh kembali ke bumi dalam bentuk hujan. Jika suasana cukup dingin, curah hujan berubah menjadi hujan salju dan hujan es.

D. Tahap 4 (Infiltrasi, Transpirasi dan Limpasan )

Infiltrasi terjadi ketika air jatuh kembali ke Bumi, di mana sebagian membasahi ke dalam tanah. Hal ini kemudian dikumpulkan di bawah tanah di lapisan batuan, pasir atau kerikil yang disebut akuifer, air ini dikenal sebagai air tanah. Tanah akhirnya merembes ke bagian bawah sungai, memberikan aliran air bahkan setelah hujan berhenti. Air di dalam tanah juga dapat diserap oleh akar tanaman. Air ini berjalan melalui daun tumbuhan, di mana sebagian digunakan dalam proses fotosintesis. Limpasan adalah ketika air tidak meresap ke dalam tanah, tapi mengalir di tanah sebagai gantinya. Air ini disebut air permukaan atau limpasan, dan mengumpul di sungai yang mengalir ke sungai-sungai besar.
Transpirasi saat air menguap dari tanaman, terutama melalui daun mereka. Hal ini akan mengembalikan uap air kembali ke udara. Pada langkah terakhir, hujan atau salju yang mencair mengalir kembali ke badan air seperti sungai, danau, dan waduk. Air hujan juga diredam oleh tanah, melalui proses yang disebut infiltrasi. Beberapa air juga berjalan dari permukaan atau merembes di dalam tanah, yang kemudian dapat dilihat sebagai air tanah atau air tawar mata air. Akhirnya air mencapai lautan, yang merupakan badan air terbesar dan sumber terbesar dari uap air. Siklus air didorong oleh energi matahari karena menghangatkan lautan dan air permukaan lainnya. Energi matahari menyebabkan penguapan (air menjadi uap air) air permukaan yang zat cair dan sublimasi yakni (es menjadi uap air) air beku, yang menyimpan dalam jumlah besar uap air ke atmosfer.
 
Seiring waktu, uap air mengembun menjadi awan ini sebagai tetesan cair atau bekuan, yang akhirnya diikuti oleh presipitasi (hujan atau salju), kembali lagi air ke permukaan bumi. Hujan akhirnya merembes ke dalam tanah, di mana ia dapat menguap lagi (jika dekat permukaan), mengalir di bawah permukaan, atau disimpan untuk waktu yang lama. Lebih mudah diamati adalah limpasan permukaan: aliran air segar baik dari hujan atau pencairan es. Limpasan kemudian dapat membuat jalan melalui sungai dan danau ke laut atau mengalir langsung ke lautan itu sendiri. Hujan dan limpasan permukaan adalah cara utama di mana mineral, termasuk karbon, nitrogen, fosfor, dan sulfur, yang bersiklus dari air darat.

Rangkuman Pengertian Proses Siklus Air (hidrologi)

1) Siklus air mempengaruhi iklim, mengangkut mineral, memurnikan air, dan mengisi ulang tanah dengan air tawar.
2) Air dengan waktu tinggal yang lebih lama, seperti air di lautan dan gletser, tidak tersedia untuk Siklus jangka pendek, yang terjadi melalui penguapan.
3) Penguapan air permukaan (air menjadi uap air) atau sublimasi (es menjadi uap air), yang menyumbang dalam jumlah besar uap air ke atmosfer.
4) Uap air di atmosfer mengembun menjadi awan dan akhirnya diikuti oleh curah hujan, yang mengembalikan air ke permukaan bumi.
5) Hujan merembes ke dalam tanah, di mana ia dapat menguap atau memasuki badan air.
6) Limpasan permukaan memasuki lautan secara langsung atau melalui sungai dan danau.
7) waktu tinggal. waktu rata-rata molekul tertentu air akan tetap berada di badan air
8) limpasan permukaan. aliran darat kelebihan air (dengan atau tanpa akumulasi kontaminan) yang tidak dapat diserap oleh tanah saat infiltrasi
9) evaporasi. proses cairan dikonversi ke bentuk gas
10) kondensasi. konversi gas ke cairan, sehingga terbentuk kondensat
11) sublimasi. transisi dari suatu zat dari fase padat langsung ke keadaan uap sedemikian rupa sehingga tidak melewati antara fase cair


Makasih sobat sudah mampir ke blog ini, mungkin untuk hari ini sampai disini dulu bahasan saya untuk Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan jika ada hal yang membuat sbat binggung ataupun tidak terlalu mengerti sobat bisa mengajukan pertanyaan lewat Comentar, PM dan lain-lain.

Untuk Pengunjung Bantu saya untuk share, like, tweet artikel ini
Download File .Docx dan .PPtx
Admin : Muhammad Romadhoni
Facebook ID : Muhammad Romadhoni
Twitter ID : @skipzen
Google + : Klik disini

:)

:(

=(

^_^

:D

=D

|o|

@@,

;)

:-bd

:-d

:p

+ komentar + 35 komentar

September 2, 2015 at 5:47 AM

Kembali kesekolah gan :D hehehe Perdana nih kunjungan ane.

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di pengertian, proses dan tahapan siklus air
September 2, 2015 at 6:10 AM

weleh infonya bermanfaat gan thank's

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di pengertian, proses dan tahapan siklus air
September 2, 2015 at 4:13 PM

banyakin artikel kayak gini gan, biar ane sering berkunjung :D

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di pengertian, proses dan tahapan siklus air
September 2, 2015 at 4:42 PM

info nya keren gan :D

Terimakasih Blog Damai Putra atas Komentarnya di pengertian, proses dan tahapan siklus air
September 2, 2015 at 4:49 PM

maanfaatnye terase brr.. :v

Terimakasih Raja Natanaelaaaaaaaaa atas Komentarnya di pengertian, proses dan tahapan siklus air
September 2, 2015 at 5:36 PM

inget jaman sekolah dulu, IPA ane paling tinggi 1 kelas :D hehehe
thx infonya gan

Terimakasih Acep Supriatna atas Komentarnya di pengertian, proses dan tahapan siklus air
September 2, 2015 at 6:52 PM

info seperti susah diperoleh gan... keep blogging gan...

Terimakasih Devi atas Komentarnya di pengertian, proses dan tahapan siklus air
September 2, 2015 at 7:57 PM

makasih bang atas kunjungannya

September 2, 2015 at 7:57 PM

makasih bang

September 2, 2015 at 7:58 PM

hahah. ane usahain bang soalnya lagi banyak tugas buat makalah

September 2, 2015 at 7:58 PM

hahahah. kaya lagi mandi aja ente

September 2, 2015 at 7:59 PM

ipa walupun sulit tapi logis

September 2, 2015 at 7:59 PM

makasih atas dukugannya mbah

September 2, 2015 at 8:16 PM

ilmunya sgt bermanfaat gan, terus berkarya

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di pengertian, proses dan tahapan siklus air
September 2, 2015 at 8:30 PM

di bahas panjang lebar nih enak juga jadi bahan bacaan.
lanjutkan mas, semoga blognya semakin banyak manfaat untuk pendidikan.
saya sudah menjadi follower blog mas. saya suka blognya (y)

Terimakasih Blog Tutorial atas Komentarnya di pengertian, proses dan tahapan siklus air
September 2, 2015 at 8:31 PM

makasih atas dukunganya. jangan lupa share like dan join site/ contac saya

September 2, 2015 at 8:49 PM

Jadi seperti itu siklus air

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di pengertian, proses dan tahapan siklus air
September 2, 2015 at 8:54 PM

iya bang ,lumayan buat tambah pengetahuan kita soal air,dll

September 2, 2015 at 8:55 PM

insyalllah bang masih dalam scedule saja. heheheh. maklum sibuk sekolah

September 2, 2015 at 11:04 PM

sangat membantu gan, ijin copy yah buat adek sya yang jurusan ipa hehe :)

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di pengertian, proses dan tahapan siklus air
September 2, 2015 at 11:05 PM

mantap gan. ijin download yah buat adik saya yg jurusan ipa :)

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di pengertian, proses dan tahapan siklus air
September 3, 2015 at 7:02 AM

silahkan bang. disana juga ada powerpoint nya. download aja

September 3, 2015 at 7:28 PM

Ijin ambil buat belajar

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di pengertian, proses dan tahapan siklus air
September 4, 2015 at 9:07 PM

wahh,thx infonya gan,buat selesaiin tugas ane

Terimakasih Dicky Syaputra atas Komentarnya di pengertian, proses dan tahapan siklus air
Anonymous
September 7, 2015 at 5:58 PM

jadi inget sd gan

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di pengertian, proses dan tahapan siklus air
September 7, 2015 at 10:55 PM

Hihihiiii..
Kembali ke 12 th lalu.
Jadi inget masa masa pahit nih :D

Terimakasih CPZERO atas Komentarnya di pengertian, proses dan tahapan siklus air
Anonymous
September 8, 2015 at 2:46 PM

Nice gan sangat bermanfaat sekali :)

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di pengertian, proses dan tahapan siklus air
September 8, 2015 at 2:52 PM

jadi tau prosesnya nih gan :D

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di pengertian, proses dan tahapan siklus air
September 8, 2015 at 3:04 PM

jadi begitu caranya :D terimakasih gan :D

Terimakasih Erenka atas Komentarnya di pengertian, proses dan tahapan siklus air
September 8, 2015 at 3:09 PM

sangat membantu nih, thanks gan

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di pengertian, proses dan tahapan siklus air
September 8, 2015 at 3:10 PM

thanks infonya, bermanfaat gan

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di pengertian, proses dan tahapan siklus air
September 8, 2015 at 3:13 PM

owalah ternyata siklus air gitu :D makasih info nya :D

Terimakasih Blog Damai Putra atas Komentarnya di pengertian, proses dan tahapan siklus air
October 24, 2015 at 2:20 AM

Simple sob, air terus bersikulasi secara terus menerus. terimakasih atas kunjungannya

October 24, 2015 at 2:22 AM

Makasih sob silakan kalo sobat mau mendownload materi ipanya.

October 24, 2015 at 2:26 AM

Iya sob, Sama-sama semoga sobat betah di weblog skipzen ini

Post a Comment