Google Search Tags: Perbedaan LAN Dan WLAN,Pengertian LAN,Pengertian WLAN,Keuntungan LAN,Keuntungan WLAN,Teknologi Jaringan LAN Dan WLAN,Kesimpulan Mengenai Perbedaan Jaringan LAN Dan WLAN, pembahasan mengenai lan dan wan, ulasan singkat mengenai lan dan wan, kelebihan dan kekurangan jarigan lan dan wan.

Perbedaan Jaringan LAN Dan WAN Untuk Makalah Sekolah

Perbedaan LAN Dan WAN Untuk Makalah Sekolah

A. LAN (LOCAL AREA NETWORK)

1. Pengertian LAN (Local Are Network )

Sebuah jaringan lokal atau lebih sering di kenal sebagai Local Area Network (LAN) adalah sebuah jaringan komputer yang melingkupi sebuah wilayah yang kecil, seperti rumah, kantor, ataupum sekelompok bangunan seperti sekolah atau kampus. Teknik pembangunan LAN merupakan kunci utama untuk membangun RT/RW-net untuk memperoleh Internet murah di Indonesia.
Perbedaan LAN Dan WAN Untuk Makalah Sekolah
Gambar 1. Jaringan LAN

2. Teknologi Jaringan LAN ( Local Area Network )

Secara fisik peralatan jaringan yang banyak digunakan untuk membangun LAN adalah:
  1. Ethernet, untuk kecepatan tinggi.
  2. WiFi, untuk akses tanpa kabel. Biasanya digunakan untuk HotSpot atau untuk RT/RW-net.

3. Keuntungan dari LAN ( Local Area Network )

  1. Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (File Sharing) - Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client (Printer Sharing).
  2. File-file data dapat disimpan pada server, sehingga data dapat diakses dari semua client menurut otorisasi sekuritas dari semua karyawan, yang dapat dibuat berdasarkan struktur organisasi perusahaan sehingga keamanan data terjamin.
  3. Throughput yang tinggi dan Relatif lebih murah.
  4. File data yang keluar/masuk dari/ke server dapat di kontrol.
  5. Proses backup data menjadi lebih mudah dan cepat.
  6. Resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi sangat kecil.
  7. Komunikasi antar karyawan dapat dilakukan dengan menggunakan E-Mail & Chat.
  8. Bila server terhubung dengan modem, maka semua atau sebagian komputer pada jaringan LAN dapat mengakses ke jaringan Internet atau mengirimkan fax melalui 1 modem.

B. WAN (WIDE AREA NETWORK)

1. Pengertian WAN ( Wide Are Network )

Merupakan jaringan computer yang mencakup area yang besar . Contohnya yaitu jaringan computer antar wilayah , kota atau bahkan Negara. Dapat di artikan pula jaringan computer yang membutuhkan router. WAN terdiri dari kumpulan mesin – mesin yang bertujuan untuk menjalankan program program aplikasi pemakai. Jaringan WAN biasanya menggunakan kabel fiber optic serta menanamkannya dibawah tanah maupun melewati jalur batas bawah laut. Kecepatan transfernya hingga 64 kbps.
Perbedaan LAN Dan WAN Untuk Makalah Sekolah
Gambar 1. Jaringan WAN





2. Teknologi jaringan WAN ( Wide Are Network )

Menurut definisinya Teknologi WAN digunakan untuk:
  1. Mengoperasikan jaringan area dengan batas geography yang sangat luas.
  2. Memungkinkan akses melalui interfance serial yang beroperasi pada kecepatan yang rendah.
  3. Memberikan koneksi full-time (selalu ON) atau part-time (dial-on-demand).
  4. Menghubungkan perangkat-perangkat yang terpisah melewati area global yang luas
Teknologi WAN mendefinisikan koneksi perangkat-perangkat yang terpisah oleh area yang luas menggunakan media transmisi, perangkat, protocol yang berbeda. Data transfer rate pada komunikasi WAN umumnya jauh lebih lambat dibanding kecepatan jaringan local LAN.
Teknologi WAN menghubungkan perangkat-perangkat WAN yang termasuk didalamnya adalah:
  1. Router, menawarkan beberapa layanan interkoneksi jaringan-jaringan dan port-port interfance WAN.
  2. Switch, memberikan koneksi kepada bandwidth WAN untuk komunikasi data, voice, dan juga video.
  3. Modem, yang memberikan layanan interfance voice, termasuk channel service units/digital service units (CSU/DSU) yang memberikan interfance layanan T1/E1; Terminal Adapters/Network Termination 1 (TA/NTI) yang menginterfance layanan Intergrated Services Digital Network (ISDN).
  4. System komunikasi dalam teknologi WAN menggunakan pendekatan model layer OSI untuk encapsulation frame seperti halnya LAN akan tetapi lebih difocuskan pada layer Physical dan Data link.

3. Keuntungan dari WAN ( Wide Are Network )

Keuntungan WAN antara lain
  1. Cakupan yang lebih luas dari LAN dan MAN.
  2. Pertukaran informasi jadi lebih terarah.

C. PERBEDAAN LAN DAN WAN

LAN, yang merupakan singkatan dari Local Area Network, dan WAN, yang merupakan singkatan dari Wide Are Network, dua jenis jaringan yang memungkinkan untuk interkoneksi antar komputer. Sebagai konvensi penamaan menyarankan, LAN adalah untuk lebih kecil, jaringan lebih terlokalisasi di rumah, bisnis, sekolah, dll, sementara WAN mencakup wilayah yang lebih luas, seperti kota, dan bahkan memungkinkan komputer di negara-negara yang berbeda untuk berhubungan. LAN biasanya lebih cepat dan lebih aman dari WAN, tetapi WAN memungkinkan konektivitas yang lebih luas. Dan sementara LAN cenderung dimiliki, dikuasai dan dikelola di rumah oleh organisasi di mana mereka dikerahkan, WAN biasanya membutuhkan dua atau lebih LAN konstituen mereka untuk terhubung melalui Internet publik atau melalui koneksi swasta yang didirikan oleh pihak ketiga penyedia telekomunikasi.

1. Perbandingan grafik

LAN WAN
Berdiri Untuk Local Area Network Wide Area Network

Meliputi Daerah lokal saja (misalnya, rumah, kantor, sekolah) Area geografis yang luas (misalnya, kota, negara, bangsa)
Definisi LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang mencakup area geografis yang kecil, seperti rumah, kantor, sekolah, atau sekelompok bangunan. WAN (Wide Area Network) adalah jaringan komputer yang mencakup area yang luas (misalnya, jaringan
apapun yang link komunikasi silang metropolitan, regional, atau nasional batas atas jarak jauh).
Kecepatan Kecepatan tinggi
(1000 mbps)
Kurang kecepatan (150 mbps)
Kecepatan Transfer Data LAN memiliki kecepatan transfer data yang tinggi. WAN memiliki kecepatan transfer data yang lebih rendah dibandingkan dengan LAN.
Contoh Jaringan di gedung perkantoran dapat menjadi LAN Internet adalah contoh yang baik dari WAN
Teknologi Cenderung menggunakan teknologi konektivitas tertentu, terutama Ethernet dan Token Ring WAN cenderung menggunakan teknologi seperti MPLS, ATM, Frame Relay dan X.25 untuk konektivitas jarak yang lebih jauh
Koneksi Satu LAN dapat dihubungkan ke LAN lain atas setiap jarak melalui saluran telepon dan gelombang radio. Komputer yang terhubung ke wide area network yang sering terhubung melalui jaringan publik, seperti sistem telepon. Mereka juga dapat terhubung melalui leased line atau satelit.
Komponen Layer 2 perangkat seperti switch dan jembatan. Lapisan 1 perangkat seperti hub dan repeater. Layer 3 perangkat Router, Multi-layer switch dan perangkat tertentu Teknologi seperti ATM atau Switches dll
Toleransi Kesalahan LAN cenderung memiliki lebih sedikit masalah yang terkait dengan mereka, karena ada sejumlah kecil sistem untuk menangani. WAN cenderung kurang fault tolerant karena mereka terdiri dari sejumlah besar sistem.
Kesalahan Transmisi Data Mengalami kesalahan transmisi data lebih sedikit Mengalami lebih banyak kesalahan transmisi data dibandingkan dengan LAN
Kepemilikan Biasanya dimiliki, dikuasai, dan dikelola oleh orang atau organisasi tunggal. WAN (seperti Internet) yang tidak dimiliki oleh satu organisasi melainkan berada dibawah kepemilikan kolektif atau didistribusikan dan manajemen jarak jauh.
Set-up biaya Jika ada kebutuhan untuk set-up beberapa perangkat tambahan pada jaringan, itu tidak sangat mahal untuk melakukan itu. Untuk WAN sejak jaringan di daerah terpencil harus terhubung biaya set-up yang lebih tinggi. Namun WAN menggunakan jaringan publik bisa diseting sangat murah hanya menggunakan software (VPN dll).
Penyebaran Geografis Memiliki jangkauan geografis kecil dan tidak memerlukan jaringan telekomunikasi leased Memiliki jangkauan geografis yang besar umumnya menyebar melintasi batas-batas dan kebutuhan leased line telekomunikasi
Biaya Pemeliharaan Karena mencakup wilayah geografis yang relatif kecil, LAN lebih mudah untuk mempertahankan dengan biaya yang relatif rendah. Mempertahankan WAN sulit karena cakupan geografis yang lebih luas dan biaya pemeliharaan yang lebih tinggi.
Bandwidth Bandwidth tinggi yang tersedia untuk transmisi. Bandwidth rendah yang tersedia untuk transmisi.
Kemacetan Kurang kemacetan Lebih kemacetan

2. Apa itu LAN?

Local Area Network (LAN) memungkinkan komputer dan perangkat yang dekat satu sama lain dan biasanya memanfaatkan sama saklar atau router untuk menghubungkan untuk berbagi file dan melakukan tugas dengan. Hanya terdiri dari perangkat sehari-hari (misalnya, desktop, laptop, tablet, printer), router dan / atau switch, dan kabel Ethernet atau kartu wireless, LAN relatif murah untuk mengatur dan umum digunakan di rumah-rumah.

Kabel ethernet, seperti CAT5, Cat5e, dan Cat6 dan Cat6a, dapat digunakan untuk secara fisik menghubungkan komputer ke jaringan. Kabel tembaga juga dapat digunakan di beberapa titik. Wi-Fi telah menjadi salah satu metode yang paling populer untuk jaringan nirkabel melalui jaringan lokal.

3. Apa itu WAN?

Sebuah Wide Area Network (WAN) digunakan untuk menghubungkan komputer yang tidak dekat satu sama lain. Hal ini dimungkinkan dan hampir selalu terjadi yang LAN yang terhubung ke WAN. Hal ini memungkinkan jaringan rumah atau kantor kecil untuk terhubung ke jaringan yang lebih luas, seperti yang melintasi batas negara atau negara. Kebanyakan WAN terhubung melalui jaringan publik, seperti sistem telepon, atau melalui leased line. Internet, yang menghubungkan komputer di seluruh dunia, dapat dianggap sebagai WAN terbesar.


4. Kecepatan

Bagaimana data yang cepat dapat ditransfer melalui LAN atau WAN tergantung pada kualitas dan kemampuan transfer data dari perangkat keras dan kabel seseorang.
Memiliki semua komputer di LAN secara fisik terhubung ke router (atau kadang-kadang switch) adalah cara tercepat untuk mentransfer data antara komputer pada LAN. Selain itu, dengan menggunakan kabel yang modern Cat5e dan lebih baik, akan memastikan terbaik kecepatan transfer data.

Kecepatan WAN dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Peralatan yang digunakan dalam LAN yang terhubung ke WAN mempengaruhi pengalaman pengguna, seperti halnya jenis kabel yang digunakan dalam Wide Area Network itu sendiri. WAN biasanya lebih lambat dari LAN karena data jarak harus melakukan perjalanan. Sebagai contoh, transfer data antara dua negara yang berbeda di AS lebih cepat dari transfer data antara London dan Los Angeles. Berkualitas tinggi, tembaga kabel bawah laut yang digunakan untuk membantu mempercepat transfer data antara bangsa-bangsa.

5. Kecepatan Kabel Dengan Wireless

Nirkabel, mentransfer data melalui Wi-Fi secara signifikan memperlambat kecepatan transfer, teknologi nirkabel sebagai khas memiliki kecepatan maksimum teoritis yang lebih rendah dari kecepatan maksimum teoritis sambungan kabel ini. koneksi nirkabel juga akan cenderung merasa kurang dapat diandalkan, sebagai sinyal nirkabel dapat mengalami gangguan dari sinyal perangkat lain, dari memisahkan dinding, dari gelombang radio, dll Jika kecepatan tinggi yang konsisten diperlukan dalam LAN atau WAN, terutama untuk tujuan bisnis atau game, salah satu harus secara fisik terhubung ke jaringan.

Perlu dicatat, bagaimanapun, bahwa teknologi nirkabel telah mulai untuk "mengejar" teknologi kabel dalam beberapa tahun terakhir. Sementara koneksi paling dapat diandalkan, kecepatan tinggi masih merupakan salah satu yang kabel, teknologi nirkabel mungkin akan merasa seperti nyaman untuk rata-rata penggunan

6. Keamanan

Komputer yang paling aman adalah salah satu yang tidak terhubung ke jaringan apapun. LAN lebih aman daripada WAN, hanya dengan sifat dan ruang lingkup dari jaringan area luas. Semakin banyak orang yang terlibat dalam interkonektivitas, semakin besar kesempatan ada untuk permainan kotor. Menggunakan pengaturan keamanan router yang tepat dapat membantu melindungi komputer yang terhubung ke jaringan.

D.KESIMPULAN

Bahwa secara umum perbedaan dari Internet dengan LAN (Local Area Network) adalah jangkauan wilayahnya, dimana Internet mencakup wilayah yang luas dan Internet atau Internasional net merupakan suatu jaringan besar yang dikendalikan disebuah server, yang didistribusikan kepada provider-provider Internet diseluruh dunia, sedangkan LAN (Local Area Network) memiliki jangkauan yang sempit atau dibatasi dan merupakan server dalam bentuk kecil didalam sebuah Personal Computer (PC) pribadi atau laptop.