Thursday, November 5, 2015

Google Search: Tags: Mengapa Harus mengkonfigurasi mikrotik sebagai gateway. pembahasan lengkap mikrotik sebagai gateway. cara melakukan konfigurasi mikrotik sebagai gateway. Mengapa Harus mengkonfigurasi mikrotik sebagai hotspot. pembahasan lengkap mikrotik sebagai hotspot. cara melakukan konfigurasi mikrotik sebagai hotspot. Mikrotik sebagai hotspot. Mikrotik sebagai gateway. konfigurasi mikrotik sebagai hotspot. langkah-langkah konfigurasi mikrotik sebagai hotspot. Mikrotik Sebagai Hotspot adalah. Mikrotik sebagai hotspot merupakan. kesalahan saat konfigurasi mikrotik sebagai hotspot

Cara Konfigurasi Mikrotik Sebagai Hotspot Beserta Pembahasan Lengkap Dalam Praktek Nyata

Skipzen - Tips dan Trik Windows, Mikrotik Sebagai Hotspot. Cara Konfigurasi Mikrotik Sebagai Hotspot mulai dari langkah-langkahnya beserta penjelasan lengkapnya, mengapa harus mengkonfigurasi mikrotik sebagai gateway? pasti sobat merasa sedikit binggung namun kali ini saya akan berikan pembahasan lengkap mikrotik sebagai gateway, yang berarti mikrotik ini akan digunakan sebagai alat untuk menyebarkan jaringan, dimana si penerima (client) harus memiliki sebuah akun yang telah ditentukan oleh seorang admin dalam jaringan tersebut untuk dapat mengakses jaringan internet yang tersedia.
Mikrotik Sebagai Hotspot

Tanpa sebuah akun client tak akan bisa mengaskses internet walaupun Laptop/PC mereka telah terkoneksi dengan hotspot tersebut, setiap kali ingin membuka situs google atau yang lainnnya secara otomatis si client akan didirect/dialihkan ke halaman login, contohnya seperti: Wifi.id, tanbu.go.id,dan warnet.net dan lain sebagainnya.

Menyiapkan peralatan-peralatan berikut ini untuk dapat membuat mikrotik sebagai gateway:

  1. 1 buah TP-Link
  2. 1 buah Mikrotik Routerboarband
  3. 1 buah modem
  4. 2 buah PC ( PC Setup dan PC Client )
  5. Beberapa kabel seperti (kabel straight dan kabel power )

1. Dalam melakukan konfigurasi mikrotik sebagai hotspot kita juga akan melakukan konfigurasi mikrotik sebagai gateway, sobat hanya tinggal mengikuti langkah-langkah berikut sebagai langkah awal untuk mengkonfigurasi mikrotik sebagai hotspot, yaitu mengkonfigurasikan mikrotik sebagai gateway:
#interface print
#interface set ether0 name=internet
#interface set ether1 name=setup
#interface set ether2 name=lan
#interface print
#ip address add address=192.168.1.2/24  interface=internet
#ip address add address=192.168.27.1/24 interface=lan
#ip route add gateway=192.168.1.1
#ip dns set server=192.168.170.28,10.11.12.14 allow-remote-requests=yes
#ip firewall nat add action=masquerade chain=srcnat out-interface=internet
2. perintah diatas adalah perintah untuk melakukan konfigurasi mikrotik sebagai gateway, selanjutnya sobat akan melakukan konfigurasi mikrotik sebagai hotspot dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:
#ip hotspot setup
perintah ini untuk masuk kemunu konfigurasi mikrotik sebagai hotspot.
#hotspot interface=lan
kenapa menggunakan interface lan, kerena pada port 3 yang terhubung ke client adalah interface lan.
#local address of network=192.168.27.1/24
Ip address 192.168.27.1 adalah ip interface lan yang sebelumnya sudah sobat masukan pada saat mengkonfigurasi mikrotik sebagai gateway.
#masquerade network=yes
Masquerade adalah hal yang dibutuhkan untuk memaksa para clientnya menggunakan ip yang telah ditentukan untuk dapat terkoneksi internet maka pilih yes
#address pool of network=192.168.27.10-192.168.27.20
address pool nantinya akan berguna untuk memberikan batasan ip yang dapat digunakan dan juga membatasi jumlah client yang ingin terkoneksi hotspot maupun internet.
#select certificate=none
Select certificate sobat pilih none karena saya tidak memiliki sertifikat resminnya, jika sobat memilikinya silakan isikan certificate.
#ip address of smtp server=0.0.0.0
Sobat biarkan saja smtp server ini dalam keadaan default.
#dns server=192.16.170.28,10.11.12.14
Ip ini sudah dimasukan pada pengaturan dns yang ada didalam konfigurasi mikrotik sebagai gateway dan dns itu akan muncul pada menu ini.
#dns name=skipzen.net
untuk pengisian dns name ini dapat sobat ganti sesuai keinginan seperti: wifi.id, tanbu.net dan lain sebagainnya.Dns server ini sangat berguna jika seorang client ingin mengakses internet maka client tersebut harus ligin menggunakan akun pada alamat url skipzen.net
#name of local hotspot user=admin
#password for the user=12345
Isikan usser dan password seperti berikut. karena akun inilah yang akan sobat gunakan untuk login pada laman skipzen.net.

3. Langkah selanjutnya adalah melakukan uji coba pada PC-Client (PC-lan) yang terhubung ke port 3 mikrotik. kemudian buka browser sobat ( crome, IE, Mozilla ) lalu ketikan Url: skipzen.net, maka sebuah laman akan tampil yang berisikan login dan password.
Masukan login=admin dan password=12345 kemudian klik OK, sekarang pc-client sudah dapat mengakses internet.

Sebagai salam penutup terima kasih, jika sobat mengalami masalah atau ada pertanyaan yang ingin sobata ketahui jawabannya  silakan contact saya memalaui kolom komentar dibawah ini atau contact saya via Media Sosial, Keep try.

Author : Muhammad Romadhoni
Facebook ID : Muhammad Romadhoni
Twitter ID : @skipzen Google + ID : Klik ini