Friday, December 25, 2015

Mengenai Pidato
Pidato merupakan suatu kegiatan untuk menyampaikan uraian mengenai suatu hal atau peristiwa secara lisan didepan umum. Naskah Pidato terdiri dari salam pembuka, pendahuluan, isi masalah yang ingin disampaikan, simpulan, dan penutup. Biasanya pidato dibawakan saat ada event-event tertentu, acara resmi, seperti orasi, upacara, pertemuan organisasi tujuannya agar pendengar lebih bisa mengambil inti dari pidato.
Pidato lebih banyak digunakan untuk memberikan pesan dan kesan mengenai kegiatan yang akan dilakukan seperti kegiatan upcara bendera, orasi massa, dan lain sebagainya.

Macam-macam teks pidato berdasarkan tujuannya dibagi menjadi empat yaitu:

1. Teks pidato persuasif
Teks pidato persuasif bertujuan mempengaruhi emosi pendengar untuk berbuat sesuatu, sesuai  dengan keinginan pembicara.
2. Teks pidato argumentatif
Teks pidato argumentatif bertujuan menyakinkan pendengar tentang kebenaran suatu pendapat atau argumen.
3. Teks pidato informatif
Teks pidato informatif bertujuan memberi tahu atau memberi informasi baik berupa pengarahan maupun penerangan.
4. Teks pidato deskriptif
Teks pidato deskriptif bertujuan melukiskan suatu keadaan atau peristiwa.

Metode berpidato ada empat macam yaitu:

1. Metode serta merta (impromptu)
Dimana pidato dilakukan secara spontan tanpa ada persiapan sebelumnya

2. Metode hafalan
Dimana pidato dihafal sebelumnya

3. Metode catatan ringkas (ekstemporan)
Dimana pidato diringkas pada poin-poin penting saja sebagai pengingat

4. Metode naskah
Dimana pidato dibacakan menggunakan naskah ketik atau tulis tanggan

Contoh pidato terbagi atas:

1. Pidato kenegaraan
2. Pidato wisuda
3. Pidato kepemimpinan
4. Pidato keagamaan
5. Pidato orasi

Fungsi Pidato:

1. Sebagai alat pendukung komunikasi pemimpin kepada anggotanya
2. Sebagai alat pendukung komunikasi sesama anggota
3. Sebagai media penyampaian
4. Sebagai sarana pemersatu suatu kelompok individu atau organisasi


Untuk menjadi seorang pemidato yang baik seseorang harus bisa tampil menyakinkan dan optimis dengan apa yang disampaikan dan mampu melihat kondisi maupun suasana dari para audiensnya, untuk bisa mendapatkan perhatian sepenuhnya dari audiens seorang pemidato harus mengerti betul struktur dan sistematis untuk menjadi pemidato yang baik.


Mengacu
Praturan Badan Standar Nasional Pendidikan
Nomor: 0019/P/BSNP/XI/2012

21 comments:

RADEN NUR said...

Pidato, kelihatannya simpel. tapi kalo gak punya mental ya bakal canggung. Nice info gan

Raden Doni said...

Cuma kalo di depan orang banyak jadi grogi xD

ferdaus alamsyah said...

Nice gan... Izin buat resensi

Naufal Hadian said...

nice gan.... jadi tau pidato ternyata macem2 yah....

Learn Skill said...

makasih gan infonya , kini pr bahasa indonesia telah selesai, makasih gan :D

bayuaji aji said...

Mantap infonya menambah wawasan hehe dari yg dlu gak tau jadi tau, thanks gan.

Ayo Dolen said...

ane udah diajarin pidato di sekola,, gapapalah,, itung itung ini nambah ilmu lagi

Bung Juned said...

nice info bro, menambah wawasan. Klw mw lebih mantap lagi bisa belajar dari video2 pidato aplg video Bung Karno saat berorasi, sangat memukau.

Andi dermawan said...

mantap pidatonya bagus buat upacara

Unknown said...

Wahhh .....ane gak bisa pidatoo

Tenri Baso said...

Tips yang bagus sob, tapi tetep ane sering blank dikala pidato

Muhammad Romadhoni said...

bener tuh sob, banyak orang sudah siap untuk tampil namun saat tampil tubuh mulai merasakan grogi. tapi seiring waktu sekarang saya sudah pede karena beberapa trik yang saya buat sendiri

Muhammad Romadhoni said...

hehehe, coba atasi itu sob karena grogi itu bikin suatu rencana jadi rusak, al hasil nilai yang didapatpun standar

Muhammad Romadhoni said...

Makasih sob, silakan

Muhammad Romadhoni said...

Iya sob, presiden pun juga peru berpidato jadi terus mencoba sob

Muhammad Romadhoni said...

hahahah, buat anak sekolaha materi ini sangat penting dan juga masuk kedalam kisi-kisi UN dan UAS

Muhammad Romadhoni said...

Sama-sama sob, senang bisa berbagi pengetahuan

Muhammad Romadhoni said...

hahaha, intonasi merupakan salah satu faktor yang penting untuk mempengaruhi si pendengar. terima kasih atas sarannya.

Muhammad Romadhoni said...

untuk itulah, sedikit demi sediti belajar dan menerapkan, lama-kelamaan akan terbiasa

Muhammad Romadhoni said...

hahaha, kadang2 orang dewasa pun masih grogi karena dulunya dia mengabaikannya, percayalah bahwa prilaku percaya diri sangat penting

Muhammad Romadhoni said...

hahaha, kadang2 orang dewasa pun masih grogi karena dulunya dia mengabaikannya, percayalah bahwa prilaku percaya diri sangat penting

Post a Comment