Skipzen - Pendidikan Indonesia, Persentasi tidak semata-mata dilakukan  seadanya apalagi jika persentasi tersebut penting bagi banyak orang, namun kebanyakan orang meremehkan hal tersebut. Dan ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan untuk mendapat keberhasilan persentasi.
presentasi yang baik dan tepat sasaran

Saat melakukan persentasi tiba-tiba sobat dihadapkan oleh sebuah alat yang sebelumnya belum pernah sobat gunakan sebut saja power point. Lalu bagaimana cara membuat persiapan persentasi agar sobat dapat tampil prima walaupun dihadapkan oleh alat iptek. sebenarnya persentasi tidak hanya dilakukan dengan menggunakan power point, ataupun proyektor namun kita bisa memilih alternatif lainnya seperti berbicara langsung (hanya dilakukan untuk orang yang paham akan materinya), menulis dipapan atau menulis cerpean.
Namun jika kita mengiginkan 96% faktor keberhasilan persentasi penggunaan power point dan pembawaan materi adalah  rahasia dari teknik persentasi memukau itu sendiri.
Dibawah ini adalah beberapa sample dari segi power point yang harus sobat pelajari dan terapkan saat melakukan persentasi:

1. Menjalankan Persentasi dalam Slide Show

  • Pilih tab Slide Show dan jalankan persentasi dengan menekan salah satu  icon yang kita inginkan. penjelasan icon: 
    From Begining : Menjalankan persentasi mulai awal
    From Current Slide : Menjalankan persentasi dari halaman yang sedang terbuka
  • Tekan Tombol F5 untuk memulai persentasi awal kita atau,
  • Tekan tombol Shift + F5 untuk memulai persentasi kita dari halaman yang sedang aktif

2. Gaya Persentasi dengan Dual Monitor

  • Tekan tombol Windows + P secara bersamaan.
  • > Maka akan muncul 4 pilihan layar yang ingin digunakan.
  • > Pilih nomer 3 Extend untuk persentasi dua layar.
  • Pilih nomer 2 Duplicate untuk persentasi tampil di laptop dan proyektor.
  • Pilih nomer 4 Projector Only untuk menampilkan persentasi hanya dilayar proyektor.

3. Kesalahan Yang Bikin Grogi saat Persentasi (Gaptek)

  • a. Lupa menghubungkan kabel power ataupun kabel konektor PC - Proyektor.
  • b. Gambar yang sukar/sulit untuk dijelaskan.
  • c. Terlalu banyak kalimat dalam setiap slide show.
  • d. Video didalam persentasi tidak bisa diputar setelah proses pemindahan.
  • e. Terlalu jelas dan detail dalam menjelaskan.
  • f. Terlalu takut menatap mata pendengar.
pembahasan lebih detail mengenai kesalahan persentasi diatas saya akan lanjutkan dihari berikutnya. Dibawah ini adalah beberapa sample dari segi pembawaannya yang harus sobat pelajari dan terapkan saat melakukan persentasi:

  1. Gestur Tubuh saat Persentasi
    Gestur/gerak tubuh saat membawakan persentasi merupakan objek pertama yang harus diperhatikan, mengerakan tangan, kaki ataupun berjalan bisa memberikan point lebih untuk kita asalkan jangan seperti orang modar-mandir itu menyebabkan anda dikira lupa materi saat persentasi dan mendapatkan point minus. Gestur sangat diperlukan untuk lebih memberikan paparan/gambaran mengenai suatu hal, jadi mulai sekarang latihlah gentur sobat.
  2. Gaya Bahasa dalam Persentasi
    penggunaan bahasa indonesia yang baik dan sesuai ejaan akan mempermudah anda dalam menjelaskan materi persentasi, bayangkan saja jika kita memakai bahasa daerah jawa misalnya lalu pedengar kita dari daerah banjar, apakah mereka mengerti??
    Oleh karena itu gunakanlah bahasa yang semua orang mengerti itu, namun jika ada istilah/prasa yang memang memerlukan bahasa daerah/luar diperbolehkan asalkan tidak berlebihan.
  3. Singkat, Jelas dan Padat saat Menyampaikan Persentasi
    Pernah mengalami pada saat tanya jawab persentasi, anda tidak bisa menjawab pertanyaan dari mereka, ada dua penyebabnya tidak hapal materi atau menjelaskan hingga keakar-akarnya. Dengan teknik singkat, jelas dan pada sobat dapat mengurangi peluang untuk mendapatkan pertannyaan mematikan walupun ada saja yang cari-cari pertanyaan sulit untuk anda namun dalam jumlah sedikit.
Itu saja teknik yang sering saya pakai dan terbukti dapat memukau penonton saat persentasi saya. hehehehe. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya. Jika sobat suka dengan artikel ini silakan bagikan untuk membantu teman atau keluarga anda untuk dapat melakukan persentasi yang memukau.