Thursday, August 4, 2016

Skipzen - Tips dan Trik Blogger – Google Sandbox merupakan sebuah penalty yang diberlakukan google kepada para pemain blog yang didapati melakukan hal-hal yang melangar ketentuannya. Google Sandbox ini banyak dikeluhkan oleh blogger karena sangat berefek kepada blog yang dikelolah. Walaupun masih banyak lagi keluhan blogger diantaranya sebagai berikut:
  1. Banned Blog/Akun.
  2. Suspend.
  3. Terkena DMCA
Namun kebanyakan blogger mengangap diri mereka tidak melaukan pelangaran apapun, namanya juga manusia pasti ada saja yang tidak mau disalahkan. Mungkin masih banyak orang yang belum tau mengenai google sandbox, Namun hal seperti ini saring kali terdengar dari pada kontestan Seo Karena google sandbox ini bagaikan cambuk tajam yang siap menerjang kapan saja. Jika anda ingin mengerti lebih dalam mengenai apa itu google sandbox, silakan dilanjutkan membacanya.

Apa Sih Google Sandbox itu?

pengertian google sandbox, apa itu google sandbox?, google sandbox adalah hukuman penalty dari google, bahaya sandbox untuk para blogger, nyepam, spamming  endolita.blogspot.com
Google sandbox merupakan suatu tindakan penalty Google terhadap suatu halaman blog atau website yang diturunkan dari rangking pengindexan atau dapat di ibaratkan sebagai penjara google yang menyedot layaknya pasir hidup. Yang mengakibatkan blog anda tidak ditemukan, mungkin halaman blog yang terkena sandbox dari google tersebut akan sulit ditemukan atau dalam artian dihapus dari SERP pencarian google, ini jelas sangat berdampak negatif dan sangat merugikan terhadap blog itu sendiri.

Apa Efek saat Blog terkena Google Sandbox?

Google Sandbox adalah hilangnya posisi url blog dalam SERP yang pada awalnya sebelum url Anda terkena efek ini menempati posisi yang baik,
Google sandbox merupakan salah satu fenomena yang telah memicu banyak perdebatan di kalangan blogger,  hal ini sangat sering terjadi pada blog yang berlebihan dalam optimasi blog.

Efek Google Sandbox ini mulai terjadi saat terjadi penurunan jumlah pengunjung secara drastis. Dalam arti lainnya Google Sandbox adalah filter yang menempatkan sebuah blog dalam masa percobaan untuk menguji konsitensi para blogger. Setelah Google percaya bahwa blog anda bukan sebuah ancaman seperti melakukan spam dan lain sebagainya, secara otomatis blog anda akan terlepas dari google sandbox.

Sebenarnya Blog anda masih terindex akan tetapi dihalaman yang sangat jauh dan mungkin saja ada di halaman  1.000 atau bahkan 1.000.0000, wah kalo begini caranya sama aja kaya kehapus. Kalo begini bisa jadi galau, kalo sampai itu terjadi. Bagaimana tidak, tulisan yang sudah susah payah anda publikasikan ternyata tidak muncul dengan baik di index pencarian google alias tak terjamah oleh para penguna internet. Hal ini juga pernah saya rasakan pada postingan sebelumnya, yang menghilang entah kemana, padahal awal-awal posting artikel tersebut, ada pada page 1 di mesin pencari Google, dan ternyata setelah beberapa minggu hilang dari mesin pencari.

Kenapa Google Sandbox itu harus ada? 

Kalo menurut Saya, Google sandbox seperti sebuah UUD yang menanamkan rasa takut untuk Spamming dari berbagai pihak baik personal maupun perusahaan. Beberapa manfaat yang dapat diambil dari adanya google sandbox anda mencegah hal-hal berikut ini. 
  1. Copy Paste Artikel Orang lain.
  2. Melakukan Spammer.
  3. Jingling/Autobot.
  4. Blog AGC.
  5. Backlink Sembarangan.
  6. Ikalan Curot
Sekarang sudah tau kan pengertian Google Sandbox? Jika sudah tau mulai sekarang lebih hati-hati lagi jika Anda mengoptimasi blog yang Anda miliki.

Tanda-tanda Google Sandbox:

  1. Artikel yang tampil pada posisi baik pada awalposting, tiba-tiba menghilang dari pencarian Google. Sebenarnya blog atau website Anda masih terindex oleh mesin pencari google, untuk memastikannya silahkan Anda cek menggunakan perintah berikut ini  contoh : site:http://blog anda.com/ atau site:http://namabloganda.com/artikel-yang-terkena-effect-sandbox.
  2. Lakukan Pengecekan pada artikel atau blog Anda menggunakan google sandbox and penalty checker tool yang sudah banyak ditemukan di pencarian Google, seperti yang sering Saya pakai yaitu Search Engine Genie. Jika pada saat pengecekan ternyata menghasilkan tulisan seperti berikut "Your site is still in google Sandbox. Contact support@searchenginegenie.com to get you out of Sandbox" maka kemungkinan besar artikel atau blog Anda terkena pinalty dari Google, Seperti yang terlihat pada gambar berikut.
Jika Anda sudah mengetahui blog atau artikel mana yang terkena penalty maka langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mengatasi Google Sandbox tersebut?

Bagaiman Cara Keluar dari Google Sandbox?

Keluar dari penalty Google Sandbox atau yang disebut dengan Sandbox EffectYa memang harus sabar dalam menghadapi ini semua, awalnya sih galau karena postingan blog yang awalnya nangkring pada posisi yang menguntungkan ternyata setelah beberapa minggu tiba-tiba menghilang. Ternyata setelah mengikuti saran teman blogger akhirnya ditemukan juga penyebabnya,"My blog is still in Google Sandbox".

Beberapa cara untuk mengatasi Google Sandbox.

  1. Sebagian blogger menyarankan untuk menghentikan optimasi agar bisa terlepas dari dalam pinalty google sandbox, tapi Saya dalam hal ini tetap melakukan optimasi, hanya saja optimasinya dikurangi, seperti hanya seminggu sekali mencari backlink, membatasi jumlah share, dll.
  2. Update artikel khusus secara berkala, banyak blogger berpengalaman menyarankan saya untuk memberikan artikel-artikel mengenai google sandbox itu sendiri.Membuat postingan tentang Google Sandbox dan membuat link ke artikel Wikipedia, Google dan Google Webmaster Guidelines, ini merupakan salah satu tips dalam mendekati Google agar memaafkan tindakan-tindakan Anda yang dicurigainya.
  3. Memodifikasi artikel yang terkena sandbox, tidak perlu semua yang penting agak berbeda dari sebelumnya, usahakan membuang beberapa keyword yang menjadi target Anda, sehingga tidak lagi dianggap sebagai upaya spam, dan jangan lupa untuk memberikan link ke google search baik search di Google.co.id maupun google.com.
  4. Mencari backlink berkualitas dari halaman yang memiliki PR tinggi, Submit ulang sitemap blog agar terlihat lebih fresh atau baru oleh Google dan Melakukan Reconsideration Request di Google Webmaster.
  5. Lakukan Ping blog seminimal mungkin, melakukan ping blog terlalu sering juga tidak baik untuk blog dan tunggu hingga keadaan menjadi normal kembali mungkin memerlukan beberapa hari. 
Ngak nyangka bisa nyelesain pembahasan google sandbox dalam artikel Blog Terkena Google Sandbox, Bagaimana Cara Menatasinya?, Senang rasanya bisa membantu sobat blogger lainnya yang mengalami hal yang sama. Semoga artikel kali ini bisa menjawab semua pertanyaan sobat mengenai Google Sandbox dan terima kasih telah membaca tulisan ini.