Mengapa Mempelajari Arsitektur Komputer itu Penting? Mungkin beberapa dari kamu merupakan seorang anak informatika yang melontarkan pertanyaan seperti ini, apa sih yang kita dapa dari belajar arsitektur komputer, emang jurusan arsitek...
Saya beri sebuah contoh sederhana, sekarang anda menggunakan Laptop atau Smarphone kemana-kemana, dulu kalian harus menggunakan PC diruma atau hanya saat dikampus saja. Jadi dengan munculnya Laptop dan Smartphone cukup meringankan bukan! Beruhan dari PC yang ukurannya tidak compatible untuk dibawa kemana dengan ilmu arsitektur komputer maka muncullah Laptop.
5 Alasan Mengapa Mempelajari Arsitektur Komputer itu Penting?

Ya intinya si hampir sama dengan arsitek tapi kita membangun sebuah perangkat yang friendly dalam bidang technology. Berikut ini adalah beberapa tujuan dan juga manfaat utama/umum yang bisa kita peroleh dari mempelajari arsitektur komputer:

1. Membangun sebuah sistem komputer yang sesuai dengan fungsinya

Tujuan pertama dari mempelajari arsitektur komputer adalah agar kita bisa merancang dan juga membangun sebuah sistem komputer sesuai dengan fungsi dan kegunaannya dengan tepat. Arsitektur komputer dapat diibaratkan sebagai sebuah blueprint dari komputer.
Dengan adanya blueprint ini, maka kita dapat melakukan analisis terhadap fungsi dan juga kegunaan dari komputer, sehingga kita dapat merancang dan juga membangun sebuah komputer yang memiliki fungsi dan juga kegunaan yang tepat sasaran, sesuai dengan keinginan setiap user.

2. Mengetahui bagaimana alur dan pola dari proses pembacaan data yang digunakan komputer

Dengan mempelajari arsitektur komputer, maka kita akan mengetahui pola dan juga alur yang dimiliki oleh sebuah komputer dalam melakukan proses pembacaan dan juga pengolahan data. Hal ini akan sangat berguna, terutama ketika kita ingin mengembangakn komputer menjadi lebih cepat dan juga meningkatkan fungsionalitas dari komputer itu sendiri.

3. Mampu melakukan perbaikan dan maintenance pada komputer

Dengan mempelajari arsitektur komputer, maka kita akan menjadi lebih mudah dalam melakukan maintenance. Apabila kita sudah mengetahui arsitektur komputer yang digunakan, mak akita akan menjadi lebih mudah dalam mencari pemecahan masalah dari komputer tersebut.

4. Dapat mengembangkan sistem komputer yang teritegrasi pada perangkat lunak atau perankat keras komputer

Sistem komputer pun juga bisa kita kembangkan menjadi lebih baik lagi, terutama apabila kita memahami arsitekturalnya. Kita akan mengetahui kelemahan dan juga kelebihan dari sistem komputer tersebut, sesuai dengan arsitektur yang digunakan. Karena itu, penting sekali untuk mempelajari arsitektural komputer untuk dapat mengembangkan komputer menjadi lebih baik lagi.

5. Meningkatkan efisiensi dari sistem komputer

Dengan memahami arsitektural dari sebuah komputer, maka kita akan bisa melakukan peningkatan efisiensi dari sebuah sistem komputer. Hal ini sangat berpengaruh pada bagamaimana suatu sistem komputer bekerja. Berbeda arsitektur, maka berbeda pula kelebihan dan kekurangan komputer tersebut. Maka dari itu, kita pun harus paham mengenai arsitektur komputer yang digunakan.

  • Mengetahui hubungan antara CPUArsitektur dengan matakuliah lain
  • Dapat mengikuti dan memahami perkembangan CPU
  • Mengetahui materi yang akan dipelajari pada matakuliah CPU Arsitektur
  • Mengetahui tentang matakuliah CPU Arsitektur



:)

:(

=(

^_^

:D

=D

|o|

@@,

;)

:-bd

:-d

:p

Post a Comment