Unit Fungsional Dasar Komputer. Baik kamu yang sedang mendalami IT atau sekedar mencari informasi terbaru mungkin sudah familiar dengan yang namanya mouse, keyboard, printer, dan lain sebagainya, tapi apakah kalian tahu apa unit fungsional dasar komputer yang saat ini sedang anda gunakan?

Jawabanya adalah lanjutkan membaca sampai pada point ke-8 untuk mengetahui sejauh apa perkembangan unit fungsional dasar komputer sampai tahun ini.
8 Unit Fungsional Dasar Komputer, Termasuk 3 Tambahan Penting di Tahun ini

Ada 8 unit fungsional dasar computer yang perlu kita ketahui sebelum masuk ke pembahasan Organisasi dan Arsitektur Komputer lebih lanjut, antara lain:

1.  Input

Input sendiri adalah informasi yang diinput/diberikan oleh penguna melalui alat input (Input Device) seperti Mouse, Keyboard dan lain sebagainya. Dimana Input yang diberikan bisa berupa data ataupun perintah.

2. Output

Output memiliki peranan yang berlawanan dengan input namun keduannya memiliki keterkaitan yang erat, dimana output ini berfungsi untuk menampilkan sebuah tampilan dari input yang dimasukan penguna. Alat-alat output bisa berupa Printer yang mengoutputkan tulisan kedalam kertas lalu Monitor yang mengoutputkan sebuah interface bagi pengunna, sound system yang menghasilkan suara dan masih banyak lagi.

3. I/O Port

I/O Port ini adalah bagian yang berfungsi untuk menghubungkan PC dengan perangkat input output yang berguna untuk menerima dan mengirimkan data atau perintah dari system.

4. CPU (Central Processing Unit)

Ia adalah pusat utama dari sistem computer yang sedang kita gunakan, CPU memiliki 2 peranan penting dalam kinerja computer yaitu ALU dan CU. ALU (Aritmathic Logical Unit) berfungsi sebagai pusat pengelolahan data sedangkan CU (Control Unit) berfungsi sebagai pengontrol kinerja komputer

5. Memori

Memori dibagi menjadi 2 bagian penting yaitu memori internal (Primer) dan memori external (Sekunder).
Memori internal adalah memori yang cepat dan beroperasi pada kecepatan elektronis yang berfungsi untuk menyimpan data yang akan dikelolah oleh penguna ke dalam RAM (Random Access Memory). Di dalam memori Internal ada lokasi-lokasi tertentu yang digunakan untuk menyimpan data yang berbeda. Tiap lokasi ini memiliki semacam alamat/ address berupa angka untuk pengaksesannya.Semisal anda ingin membukan Photoshop maka memori akan memangil aplikasi bukan melalui hardisk melainkan melalui RAM komputer Anda.
memori External (Sekunder) dibutuhkan untuk menyimpan data yang besar, namun hanya diakses sesekali/ tidak sering. Banyak sekali memori sekunder yang tersedia, misalnya Harddisk, CD ROM, dll.

6. Control Bus

Control Bus ini akan berfungsi untuk mengontrol pengunaan serta akses ke Address Bus dan Data Bus, yang terdiri dari 4 sampai 10 jalur paralel

7. Address Bus

Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.

8. Data Bus

Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.

Sampai jumpa pada Cari tau tentang komputer selanjutnya



:)

:(

=(

^_^

:D

=D

|o|

@@,

;)

:-bd

:-d

:p

Post a Comment