Paper Tentang Organisasi Komputer dan Arsitektur Komputer |
1.
Perbedaan Organisasi Komputer dengan
Arsitektur Komputer
A.
Pengertian
Arsitektur
Komputer mempelajari atribut – atribut sistem
computer yang terkait dengan seorang programmer.
Contoh :
Set intruksi, Arimatika yang digunakan, teknik
pengalaman, dan mekanisme input output
Organisasi
Komputer mempelajari bagian yang terkait
dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem
computer
Contoh :
Sinyal Kontrol, Interface, Teknologi memori
ArsItektur Komputer adalah konsep perencanaan dan struktur
pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur
komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari
kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem
interkoneksinya). Dalam hal ini,
implementasi perencanaan dari masing-masing bagian akan lebih difokuskan
terutama, mengenai bagaimana CPU bekerja, mengenai cara pengaksesan data, dan
alamat dari dank e memori cache, RAM , ROM, cakram keras dll.
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur
komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu
sistem computer. Cara interkoneksi
komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja,
dan target biayanya.
Arsitektur komputer ini paling tidak
mengandung 3 sub-kategori:
1. Set instruksi (ISA)
2. Arsitektur mikro dari ISA, dan
3. Sistem desain dari seluruh komponen dalam
perangkat keras komputer ini.
C.
Organisasi Komputer
Adalah
bagian yang terkait dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar
komponen penyusun sistem computer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya.
Contoh aspek
organisasional nya adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka atau perangkat
interface, teknologi memori, dan sinyal-sinyal control.
Arsitektur
computer lebih cenderung pada kajian atribut-atribut sistem computer yang
terkait dengan seorang programmer.
Organisasi
komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus
seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat
menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional,kinerja,dan
target biayanya.
D.
Perbedaan Utamanya
·
Organisasi Komputer :
Bagian yang
terkait dengan erat dengan unit-unit
operasional.
Contoh :
Teknologi
hardware, perangkat antarmuka atau perangkat interface, teknologi memori,
sistem memori, dan sinyal-sinyal control.
·
Arsitektur Komputer :
Atribut-atribut
sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer
Contoh :
set
intruksi, arimetika yang digunakan, teknik pengalaman , mekanisme input output.
2.
Mengapa Mempelajari Arsitektur
Komputer itu Penting?
Pada dasarnya
mempelajari arsitektur komputer itu merupakan sesuatu yang penting, terutama
bagi para programmer dan juga teknisi komputer. Berikut ini adalah beberapa
tujuan dan juga manfaat utama yang bisa kita peroleh dari mempelajari
arsitektur komputer:
A.
Membangun sebuah sistem komputer yang
sesuai dengan fungsinya
Tujuan pertama
dari mempelajari arsitektur komputer adalah agar kita bisa merancang dan juga
membangun sebuah sistem komputer sesuai dengan fungsi dan kegunaannya dengan
tepat. Arsitektur komputer dapat diibaratkan sebagai sebuah blueprint dari
komputer.Dengan adanya blueprint ini, maka kita dapat melakukan analisis
terhadap fungsi dan juga kegunaan dari komputer, sehingga kita dapat merancang
dan juga membangun sebuah komputer yang memiliki fungsi dan juga kegunaan yang
tepat sasaran, sesuai dengan keinginan setiap user.
B.
Mengetahui bagaimana alur dan pola
dari proses pembacaan data yang digunakan komputer
Dengan
mempelajari arsitektur komputer, maka kita akan mengetahui pola dan juga alur
yang dimiliki oleh sebuah komputer dalam melakukan proses pembacaan dan juga
pengolahan data. Hal ini akan sangat berguna, terutama ketika kita ingin
mengembangakn komputer menjadi lebih cepat dan juga meningkatkan fungsionalitas
dari komputer itu sendiri.
C.
Mampu melakukan perbaikan dan
maintenance pada komputer
Dengan
mempelajari arsitektur komputer, maka kita akan menjadi lebih mudah dalam
melakukan maintenance. Apabila kita sudah mengetahui arsitektur komputer yang
digunakan, mak akita akan menjadi lebih mudah dalam mencari pemecahan masalah
dari komputer tersebut.
D.
Dapat mengembangkan sistem komputer
yang teritegrasi pada perangkat lunak atau perankat keras komputer
Sistem komputer
pun juga bisa kita kembangkan menjadi lebih baik lagi, terutama apabila kita
memahami arsitekturalnya. Kita akan mengetahui kelemahan dan juga kelebihan
dari sistem komputer tersebut, sesuai dengan arsitektur yang digunakan. Karena
itu, penting sekali untuk mempelajari arsitektural komputer untuk dapat
mengembangkan komputer menjadi lebih baik lagi.
E.
Meningkatkan efisiensi dari sistem
komputer
Dengan memahami arsitektural
dari sebuah komputer, maka kita akan bisa melakukan peningkatan efisiensi dari
sebuah sistem komputer. Hal ini sangat berpengaruh pada bagamaimana suatu
sistem komputer bekerja. Berbeda arsitektur, maka berbeda pula kelebihan dan
kekurangan komputer tersebut. Maka dari itu, kita pun harus paham mengenai
arsitektur komputer yang digunakan.
1)
Mengetahui hubungan antara
CPUArsitektur dengan matakuliah lain
2)
Dapat mengikuti dan memahami
perkembangan CPU
3)
Mengetahui materi yang akan dipelajari
pada matakuliah CPU Arsitektur
4)
Mengetahui tentang matakuliah CPU
Arsitektur
3. Fungsi Fungsi Komputer
A. Sebagai Sarana Komunikasi
Dahulu
untuk berkomunikasi dengan seseorang yang berada jauh, digunakan metode surat
menyurat, telegram hingga hubungan telepon. Kini dengan memanfaatkan fungsi
komputer sebagai sarana komunikasi maka kita bisa berbicara dengan rekan
atau kerabat kita sambil menatap langsung menggunakan teknologi kamera yang
disebut Webcam. Tidak hanya itu, kita juga dapat bercakap-cakap menggunakan kata-kata
saja (chatting), mengirimkan surat (e-mail) sekaligus mengirim file dalam
bentuk gambar, suara atau yang lainnya dalam bentuk data
B. Sebagai Sarana Untuk Mempermudah Pekerjaan
Jauh
sebelum terciptanya komputer dengan keyboardnya, orang mengetik surat menggunakan
mesin tik dan apabila terdapat kesalahan maka kertas yang digunakan untuk
mengetik akan dibuang, tidak bisa digunakan kembali sementara dengan
menggunakan komputer, kesalahan-kesalahan kecil dapat kita hapus dan ketik
ulang sehingga bisa di edit hingga beberapa kalipun tanpa terlihat bekas
kesalahannya.
C. Sebagai Alat Hiburan
Apabila dulu hiburan kita hanya terbatas pada
televisi, tape dan radio maka kini komputer dapat menggantikan seluruh fungsi
alat-alat tadi secara keseluruhan hanya dengan satu perangkat saja. Bukan hanya
itu, kita dapat bermain menggunakan komputer melalui berbagai aplikasi
permainan yang ada. Fasilitas yang komputer berikan pada kita antara lain:
1)
Memutar lagu melalui music player,
CDVD bahkan melalui internet
2)
Menonton film lewat fitur media
player, CDVD atau streaming video melalui internet
3)
Bermain game menggunakan aplikasi atau
lewat internet
4)
Berkomunikasi dengan teman melalui
fasilitas social media di internet atau aplikasi chatting
5)
Menonton TV menggunakan TV Receiver
untuk komputer atau Online Channel di internet.
D. Sebagai Sarana
Pendidikan
Fungsi komputer
lainnya adalah sebagai alat untuk membantu fasilitas pendidikan melalui
media internet . Selain itu melalui komputer kita dapat memperoleh ilmu
pengetahuan lainnya seperti:
1)
Proses pemasangan (install) aplikasi.
Dari proses itu kita dapat belajar cara memasang program pada komputer
sekaligus mengetahui cara menggunakan serta memperbaiki masalah pada program
tersebut memlaui fitur Tutorial atau Help
2)
Beberapa aplikasi dapat membuat kita
menjadi ahli dalam beberapa hal seperti aplikasi Adobe Photoshop, Corel Draw
pada bidang grafis. Power Point untuk aplikasi di bidang presentasi.
Autocad sebagai program untuk membantu dalam hal arsitektur. MySQL di bidang
programming dan masih banyak lagi.
3)
Selain dari aplikasi, kita juga dapat
menambah wawasan melalui media internet. Beragam ilmu dapat kita pelajari
seperti Ekonomi, Poilitik, Sains, Sejarah, Agama, Matematika dan lain
sebagainya.
E. Sebagai Sarana
Usaha
Metode
usaha dapat menggunakan apa saja termasuk komputer salah satunya. Komputer
dapat disewakan (rental komputer), dijadikan warnet, usaha percetakan, mengedit
video dan gambar, desain grafis untuk periklanan, install dan service software
(perangkat lunak), pembuatan website, kursus komputer dan masih banyak lagi
sarana usaha lainnya
F. Sebagai Sarana
Pengendali (Controlling)
Pada
beberapa instansi besar seperti perhotelan, pabrik, televisi dan banyak jenis
perusahaan lainnya, komputer dapat dipakai sebagai sarana untuk mengendalikan
satu atau beberapa system seperti pengendali lampu lalu lintas, operasi
elevator dan escalator, pengatur kamera CCTV, pengendalian jaringan, control
mekanisme pabrik dan lain-lain.
G. Sebagai Sarana
Informasi
Berbagai
informasi yang sifatnya umum dapat kita temukan juga disini seperti:
1) Informasi
kesehatan berupa tips medis, tempat pengobatan
2) Informasi produk
untuk mencari tahu lebih jelas tentang produk yang kita inginkan
3) Informasi
perjalanan seperti tips travelling, informasi tiket, tempat wisata
4) Informasi
pekerjaan bagi yang sedang mencari lowongan kerja, peluang usaha atau cara-cara
menyelesaikan suatu pekerjaan
5) Informasi hiburan
misalnya download game, film, mencari tempat hiburan
6) Informasi cuaca
berupa keadaan cuaca di suatu tempat
7) Informasi politik
untuk mengetahui kejadian yang berhubungan dengan situasi Negara dan
pemerintahan
4.
Unit Fungsional Dasar Komputer
Ada 8 unit
fungsional dasar computer yang perlu kita ketahui sebelum masuk ke pembahasan
Organisasi dan Arsitektur Komputer lebih lanjut, antara lain:
A.
Input
Input sendiri adalah informasi yang diinput/diberikan oleh penguna melalui alat input (Input Device) seperti Mouse, Keyboard dan lain sebagainya. Dimana Input yang diberikan bisa berupa data ataupun perintah.
Input sendiri adalah informasi yang diinput/diberikan oleh penguna melalui alat input (Input Device) seperti Mouse, Keyboard dan lain sebagainya. Dimana Input yang diberikan bisa berupa data ataupun perintah.
B.
Output
Output
memiliki peranan yang berlawanan dengan input namun keduannya memiliki
keterkaitan yang erat, dimana output ini berfungsi untuk menampilkan sebuah
tampilan dari input yang dimasukan penguna. Alat-alat output bisa berupa
Printer yang mengoutputkan tulisan kedalam kertas lalu Monitor yang
mengoutputkan sebuah interface bagi pengunna, sound system yang menghasilkan
suara dan masih banyak lagi.
C.
I/O
Port
I/O Port ini
adalah bagian yang berfungsi untuk menghubungkan PC dengan perangkat input
output yang berguna untuk menerima dan mengirimkan data atau perintah dari
system.
D.
CPU (Central Processing Unit)
Ia adalah
pusat utama dari sistem computer yang sedang kita gunakan, CPU memiliki 2
peranan penting dalam kinerja computer yaitu ALU dan CU. ALU (Aritmathic
Logical Unit) berfungsi sebagai pusat pengelolahan data sedangkan CU (Control
Unit) berfungsi sebagai pengontrol kinerja komputer
E.
Memori
Memori
dibagi menjadi 2 bagian penting yaitu memori internal (Primer) dan memori
external (Sekunder). Memori internal
adalah memori yang cepat dan beroperasi pada kecepatan elektronis yang
berfungsi untuk menyimpan data yang akan dikelolah oleh penguna ke dalam RAM
(Random Access Memory). Di dalam memori Internal ada lokasi-lokasi tertentu
yang digunakan untuk menyimpan data yang berbeda. Tiap lokasi ini memiliki
semacam alamat/ address berupa angka untuk pengaksesannya.Semisal anda ingin
membukan Photoshop maka memori akan memangil aplikasi bukan melalui hardisk
melainkan melalui RAM komputer Anda. Memori
External (Sekunder) dibutuhkan untuk menyimpan data yang besar, namun hanya
diakses sesekali/ tidak sering. Banyak sekali memori sekunder yang tersedia,
misalnya Harddisk, CD ROM, dll.
F.
Control Bus
Control Bus
ini akan berfungsi untuk mengontrol pengunaan serta akses ke Address Bus dan
Data Bus, yang terdiri dari 4 sampai 10 jalur paralel
G.
Address Bus
Digunakan
untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori
yang akan ditulis atau dibaca.Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24,
atau 32 jalur paralel.
H.
Data Bus
Adalah
jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada
suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka
jumlah saluran menentukan jumlah
bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan
kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat
membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas
8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
5.
Struktur dasar Komputer
Struktur
dasar komputer merupakan kerangka awal rancangan yang digunakan sebagai acuan
dasar untuk menjadikan suatu sistem komputer yang utuh,dari atribut-atribut
yang ada di dalam suatu sistem komputer memiliki 5 unit dasar yang harus ada
agar terbentuknya suatu sistem komputer. Berikut adalah unit-unit dasar yang
ada di dalam sistem komputer :
1. Unit masukan (Input Unit)
2. Unit kontrol (Control Unit)
3. Unit logika dan aritmatika (Arithmetic &
Logical Unit / ALU)
4. Unit memori/penyimpanan (Memory / Storage
Unit)
5. Unit keluaran (Output Unit
Control Unit dan
ALU membentuk suatu unit tersendiri yang disebut Central Processing Unit (CPU).
Hubungan antar masing-masing unit yang membentuk suatu sistem komputer dapat
dilihat pada gambar berikut :
Keterangan:
Data diterima melalui
Input Device dan dikirim ke Memory. Di dalam Memory data disimpan dan selanjutnya
diproses di ALU. Hasil proses disimpan kembali ke Memory sebelum dikeluarkan
melalui Output Device. Kendali dan koordinasi terhadap sistem ini dilakukan
oleh Control Unit. Secara ringkas prinsip kerja komputer adalah Input – Proses
– Output, yang dikenal dengan singkatan IPO.
Fungsi Utama dari
masing-masing Unit akan dijelaskan berikut ini :
A.
Unit Masukan (Input
Unit)
Berfungsi untuk menerima masukan (input) kemudian
membacanya dan diteruskan ke Memory / penyimpanan. Dalam hubungan ini dikenal
istilah peralatan masukan (input device) yaitu alat penerima dan pembaca
masukan serta media masukan yaitu perantaranya. Berikut beberapa alat contoh
uniti masukan :
·
Keyboard
·
Mouse
·
DVD/CD ROM/RW
B.
Unit Kontrol (Control
Unit)
Berfungsi untuk melaksanakan tugas pengawasan dan
pengendalian seluruh sistem komputer. Ia berfungsi seperti pengatur rumah
tangga komputer, memutuskan urutan operasi untuk seluruh sistem, membangkitkan
dan mengendalikan sinyal-sinyal kontrol untuk menyesuaikan operasi-operasi dan
arus data dari bus alamat (address bus) dan bus data (data bus), serta
mengendalikan dan menafsirkan sinyal-sinyal kontrol pada bus kontrol (control
bus) dari sistem komputer. Pengertian mengenai bus dapat dilihat di bagian
bawah halaman ini.
Control Unit juga bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan
yang ada pada sistem komputer. Control unit mengatur kapan alat input menerima
data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Control
Unit mengartikan instruksi-instruksi dari program komputer, membawa data dari
alat input ke main memory, mengambil data dari main memory untuk diolah. Bila
ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, control
unit mengirim instruksi tersebut ke aritmetic and logic unit. Hasil dari
pengolahan data ini dibawa oleh control unit ke main memory lagi untuk
disimpan.
Jadi tugas dari control unit adalah :
·
Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
·
Mengambil instruksi-instruksi dari main memory
·
Mengambil data dari main memory kalau diperlukan oleh proses
·
Mengirim instruksi ke aritmaetic and logic unit bila perhitungan
aritmatik atau perbandingan logika serta mengawasi kerja aritmatik dan logika
·
Menyimpan hasil proses ke main memory
C.
Unit Logika &
Aritmatika (Arithmetical & Logical Unit)
ALU merupakan bagian inti dari suatu sistem komputer.
Arithmetic And Logic Unit (ALU) Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua
perhitungan aritmatik atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi
program. ALU melaukan operasi aritmatik dengan dasar pertambahan, sedang
operasi aritmatik yang lainnya seperti pengurangan, perkalian dan pembagian
dilakukan dengan dasar penjumlahan. Sehingga sirkuit elektronik di ALU yang
digunakan untuk melaksanakan operasi aritmatik ini disebut adder.
Tugas lain ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai
dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua buah elemen
logika dengan menggunakan operator logika, yaitu =, <>, <, >,
<+, >=. ALU juga sering disebut mesin bahasa karena ALU terdiri dari dua
bagian, yaitu unit aritmetika dan unit logika boolean yang masing-masing
memiliki spesifikasi tugas tersendiri.
D.
Unit Memori /
Penyimpan (Memory / Storage unit)
Berfungsi untuk menampung data/program yang diterima
dari unit masukan sebelum diolah oleh CPU dan juga menerima data setelah diolah
oleh CPU yang selanjutnya diteruskan ke unit keluaran. Pada suatu sistem
komputer terdapat dua macam memori, yang penamaannya tergantung pada apakah
alat tersebut hanya dapat membaca atau dapat membaca dan menulis padanya.
Bagian memori yang hanya dapat membaca tanpa bisa menulis padanya disebut ROM
(Read Only Memory.
:)
:(
=(
^_^
:D
=D
|o|
@@,
;)
:-bd
:-d
:p