Skipzen - Tips dan Trik Blogger, Optimasi Font. Manakah yang anda suka jika berada pada 2 blog yang berbeda, dimana blog pertama memberikan kesan elegan karena pengaturan huruf dan posisinya membuat kita nyaman dalam membaca kontennya, lalu pada blog yang kedua memberikan penuh dimana pengaturan huruf dan posisinya terlalu berdekatan, manakah yang anda suka? sudah pasti anda akan memilih blog pertama.
kebanyakan orang benci membaca sebuah konten yang artikelnya penuh dengan tulisan tanpa adanya pengaturan termasuk saya, mungkin kontennya bagus namun kembali lagi kepada penikmatnya.
Berdasarkan pengalaman saya ini saya ingin berbagi satu rahasia bagaimana caranya mengatur konten yang baik yaitu dengan melakukan pengaturan jarak spasi huruf, kata dan baris pada konten, yuk simak cara dan penjelasannya dibawah.
Rahasia Pengaturan Jarak Spasi Huruf, Kata dan Baris Pada Konten - Optimasi Font Blogspot

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah masuk terlebih dahulu ke halaman HTML Blogspot, caranya:

  • Login terlebih dahulu ke blogger.com
  • Pilih blog yang akan dioptimasi
  • Klik Menu Template lalu klik edit HTML
  • lakukan pencarian .post-body terlebih dahulu dengan menekan tombol Ctrl + F secara bersamaan kemudian ketikan .post-body
  • Jika .post-body sudah ada maka silakan lakukan pengaturan langsung pada script css-nya (lihat penjelasan pada bagian akhir), jika belum ditemukan maka silakan ikuti intruksi berikutnya
  • copy script CSS dibawah ini jika .post-body tidak ditemukan
    .post-body {line-height:2.0em; letter-spacing: 0.1px; Word-spacing:0.5px;}
    di atas ]]></b:skin>
  • selanjutnya save kembali template anda dan lihat hasilnya pada konten anda sekarang.
Lakukan pengeditan sesuai kriteria konten yang menarik bagi anda. dengan berpandu pada penjelasan akhir dibawah ini.
  • .post-body script tersebut dibutuhkan untuk pemangilan script didalamnya pada tampilan konten, jadi jangan diubah kecuali jika anda sudah benar2 paham akan bahasa HTML
  • {} tanda ini hanya berfungsi sebagai pembuka dan penutup script
  • line-height:2.0em; script ini berfungsi untuk mengatur jarak baris yang satu dengan baris lainnya, silakan ganti 2.0 menjadi angka yang anda inginkan.
  • letter-spacing:0.1px; sript ini berfungsi untuk melakukan pengaturan pada jarak huruf ke huruf yang lain, silakan ganti 0.1 dengan angka yang anda inginkan.
  • Word-spacing:0.5px; script ini berfungsi untuk mengatur jarak antara kata dengan kata lainnya, silakan ganti 0.5 dengan angka yang anda inginkan
Note: 3 script terakhir jika posisinya anda tukar tidak akan menimbulkan masalah kecuali pada 2 script pertama (.post-body, {})

Berikut contoh perubahannya.

Rahasia Pengaturan Jarak Spasi Huruf, Kata dan Baris Pada Konten - Optimasi Font Blogspot
Sebelum

Rahasia Pengaturan Jarak Spasi Huruf, Kata dan Baris Pada Konten - Optimasi Font Blogspot
Sesudah

Terlihat bukan perbedaan dan kepuasan kita dalam membacanya, lanjutkan tutorial optimasi font blogspot ke sesi berikutnya agar konten anda menjadi semakin menarik seperti blog skipzen ini, makasih semoga bermanfaat.