Monday, October 10, 2016

Resep Makanan Sederhana ala skipzen, Cara Membuat Mie Ayam Jakarta - Selamat pagi semuanya, semoga hari minggu ini menjadi hari yang menyenangkan. Ngomong-ngomong soal hari minggu, enaknya ngapain ya?????
Daripada binggung mikirin mau ngapain, mending ikut saya buat makanan. Soalnya saya sudah siapkan nih resep-resep makanan sederhana yang bisa kamu ikuti, dengan ini kamu jadi bisa masak tuh dan sewaktu-waktu pas disuruh pacar masak atau pun pas lagi boke sambil ngekost kan bisa nih resep makanan diterapkan.

Resep makanan yang saya bagikan kali ini cocok untuk segala umur kok, seperti makanan untuk seseorang yang lagi jaga kesehatan, yang suka olaraga, yang butuh nutrisi lebih, yang mau nurunin berat badan, dan makanan untuk orang sakit. Tapi tetap ingat makan yang paling enak ya makanan yang dibuat dengan kasih sayang.


Untuk membuatnya saya sudah tuliskan bahan dan panduan cara membuat Mie Ayam Jakarta
Minggu ini saya akan bagikan resep cara membuat Mie Ayam Jakarta Jadi siapkan bahan dan alatnya ya, seperti panduan dibawah ini.
 

Cara Membuat Masakan Mie Ayam Jakarta

Bahan yang perlu disiapkan:

    bahan utama :
  1. 79 mie telor 300 gr (bisa pakai mie telor keriting/mie basah)
  2. 200 gr caisim atau sawi hijau 200gr (seduh dengan air panas)
  3. Bawang merah goreng secukupnya
    2 liter kuah kaldu:
  1. kaki ayam 400gr dimemarkan
  2. 2 cm jahe 2cm dimemarkan
  3. Gula pasir secukupnya
  4. Garam secukupnya
  5. Daun bawang dirajang tipis secukupnya
  6. 2 liter air
Ayam dan bumbu :
  1. 400 gr ayam 400 gr (tanpa kulit) dipotong dadu
  2. 1 sdm kecap manis
  3. 1,5 sdm saus tiram
  4. 0,5 sdm kecap asin
  5. Gula pasir, garam, dan lada putih bubuk secukupnya

    bumbu dihaluskan :
  1. 8 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 2 cm jahe
    bumbu per-porsi:
  1. 0,5 sdt kecap asin
  2. 0,5 sdt soy sauce
  3. 0,25 sdt lada putih bubuk
  4. 0,5 sdm minyak ayam
    minyak ayam :
  1. 300 gr kulit ayam
  2. 5 siung bawang putih 5 siung dimemarkan jgn hancur
  3. 5 cm kunyit dimemarkan jangan hancur
  4. 4 cm jahe dimemarkan jangan hancur
  5. 300 lt minyak sayur

Langkah-langkah memasak:

  1. Membuat minyak ayam : tumis bawang putih, kunyit, dan jahe dengan sedikit minyak sampai harum. Tambahkan kulit ayam tumis hingga minyak bertambah banyak (minyak keluar dari kulit ayam). Tambahkan minyak sayur, goreng sampai kulit ayam kering. Tunggu dingin dan disaring. Sisa minyak ayam bisa disimpan dan digunakan untuk membuat nasi goreng atau bakmi goreng.
  2. Membuat kuah : rebus semua bahan sampai air berkurang tinggal 1 liter, tambahkan daun bawang. Kemudian di saring.
  3. Memasak ayam : tumis semua bumbu halus sampai harum, masukkan ayam yg telah dipotong dadu. Tumis sampai berubah warna, tambahkan kecap manis, kecap asin, saus tiram, garam, gula, dan lada tumis sampai tercampur rata. Tuangkan air, koreksi rasa, masak sampai matang dan meresap.
  4. Penyajian perporsi : rebus mie sampai tekstur matang dan kenyal, campur kecap asin, lada putih, dan minyak ayam dalam mangkuk. Tambahkan mie yang telah direbus, campur merata dengan sumpit atau garpu. Setelah merata, atur di atas mie : caisim rebus, kulit pangsit goreng, ayam, dan bawang merah goreng.
  5. Siap untuk dihidangkan...taburi daun bawang ke kaldu yang panas.
    by: Angelina

Bagaimana hasilnya, mungkin kurang memuaskan ya! Namanya juga baru percobaan pertama, setelah dua sampai 4 kali dilakukan pasti makanannya tambah enak dan cantik. Semoga resep masakan sederhana dari saya ini bisa membuat hari minggu kamu jadi lebih menarik dan bermanfaat, tetap jaga kesehatan ya untuk mencoba resep masakan terbaru minggu depan.

No comments:

Post a Comment