Resep Makanan Sederhana ala skipzen, Cara Membuat Rawon Daging Surabaya - Selamat pagi semuanya, semoga hari minggu ini menjadi hari yang menyenangkan. Ngomong-ngomong soal hari minggu, enaknya ngapain ya?????
Daripada binggung mikirin mau ngapain, mending ikut saya buat makanan. Soalnya saya sudah siapkan nih resep-resep makanan sederhana yang bisa kamu ikuti, dengan ini kamu jadi bisa masak tuh dan sewaktu-waktu pas disuruh pacar masak atau pun pas lagi boke sambil ngekost kan bisa nih resep makanan diterapkan.

Resep makanan yang saya bagikan kali ini cocok untuk segala umur kok, seperti makanan untuk seseorang yang lagi jaga kesehatan, yang suka olaraga, yang butuh nutrisi lebih, yang mau nurunin berat badan, dan makanan untuk orang sakit. Tapi tetap ingat makan yang paling enak ya makanan yang dibuat dengan kasih sayang.

Resep Cara Membuat Rawon Daging Surabaya

Untuk membuatnya saya sudah tuliskan bahan dan panduan cara membuat Rawon Daging Surabaya
Minggu ini saya akan bagikan resep cara membuat Rawon Daging Surabaya Jadi siapkan bahan dan alatnya ya, seperti panduan dibawah ini.
 

Cara Membuat Masakan Rawon Daging Surabaya

Bahan yang perlu disiapkan:

  1. 1 kg daging sapi. Saya pilih yang ada lemaknya sediki agar kuah terasa sedap
  2. 8 biji kluwek yg bagus dan nggak kering, rendam air panas sebentar
  3. 3 btng sereh ambil putih geprek
  4. 5 lembar daun jeruk
  5. 5 batang seledri. ikat simpul
  6. 3 btng daun bawang iris-iris kurleb 1cm
    bumbu halus :
  1. 10 biji bawang merah
  2. 6 biji bawang putih
  3. seruas kunyit kurleb 5 cm
  4. 6 biji kemiri
  5. 1 sdt ketumbar
  6. 1/2 sdt jintan
  7. 1 sdm merica bubuk

Langkah-langkah memasak:

  1. Haluskan kluwek beserta bumbu halus. Tumis bumbu beserta daun jeruk dan sereh hingga harum kemudian sisihkan
  2. Rebus daging hingga empuk, ambil daging iris kotak-kotak (ukuran sesuai selera).  Air kaldu daging jangan dibuang untuk kuah nantinya.
  3. Didihkan kaldu daging tadi dengan menambah air sehingga total kurleb 2000 ml, masukkan daging yg sudah diiris. Tambahkan bumbu halus, daun bawang, dan seledri. Masak hingga mendidih, tambahkan garam, gula dan penyedap. Test rasa. Jika sudah pas, angkat.
  4. Hidangkan rawon dengan taburan bwang goreng beserta nasi, sambal ulek, taoge pendek, jeruk nipis, krupuk, kecap dan telur asin jika suka.
    by: Brilly
Bagaimana hasilnya, mungkin kurang memuaskan ya! Namanya juga baru percobaan pertama, setelah dua sampai 4 kali dilakukan pasti makanannya tambah enak dan cantik. Semoga resep masakan sederhana dari saya ini bisa membuat hari minggu kamu jadi lebih menarik dan bermanfaat, tetap jaga kesehatan ya untuk mencoba resep masakan terbaru minggu depan.