Saturday, September 12, 2015

Skipzen - Tips dan Trik Windows, Taskbar Windows. Customize Taskbar For Windows Agar Lebih Nyaman Digunakan. Taskbar adalah salah satu elemen penting  dalam kegiatan kita didepan sebuah Laptop/PC. Sobat akan sering bertatap muka dengan si taskbar, menyetuhnya atau bahkan merabahnya hingga keujung namun tidak semua orang menyukai tampilan awal taskbar ini setelah proses intalasi karena-nya sobat tidak merasa nyaman saat menggunakan taskbar, maka saya akan membantu sobat untuk mengkostumasi { berkreasi } pada tasbar sobat agar lebih nyaman digunakan tetapi juga enak dipandang.

Panduan Dasar Pengunaan Taskbar Windows

Standar Taskbar-1
Taskbar Windows 7

Klik Properties-3
Menu Taskbar-2

1. Mengunci Taskbar

Hal ini dapat dilakukan dengan mencentang box Lock the taskbar dan klik apply lalu ok. Taskbar yang sudah sobat kunci tidak bisa dipindah-pindah dan juga diperbesar maupun diperkecil, namun jika sobat ingin berkreasi silakan saja hal ini tidak akan menyebabkan kerusakan.

2. Auto-hide taskbar

Cara ini dapat dilakukan dengan mencentang box Auto-hide taskbar, klik apply dan ok, cara yang satu ini merupakan cara yang paling saya suka. hal ini membuat saya bisa bekerja dengan 100% Area desktop, taskbar soabat akan muncul jika krusor sobat ada di area taskbar, adanya program baru yang muncul selain dari hal-hal tadi taskbar sobat akan secara otomatis bersembunyi.

3. Memperkecil icon taskbar

Dengan perintah ini bisa memperkecil icon pada taskbar ataupun sobat tetap ingin mempertahankan icon yang berukuran besar. Dengan cara mencentang box Use small icon lalu klik apply dan ok, point ini juga kesukaan saya karena icon yang tampil tampak lebih baik dari ukuran awalnya.

4. Memindahkan taskbar

Perintah ini dapat terjadi bila sobat menghilangkan centang pada box Lock the taskbar atau tidak mencentangnya. Dengan ini sobat dapat memindahkan posisi taskbar keatas, bawah, kanan dan kiri, sobat juga dapat mengembalikan keposisi awalnya.

5. Merubah ukuran taskbar

Perintah ini juga akan aktif bila sobat tidak mencentang box Lock the taskbar maka sobat dapat membuat tampilan taskbar sobat lebar  sesuai keinginan. Dengan cara meletakan tanda krusor di tepi atas taskbar sampai muncul tandah panah atas dan bawah lalu tarik taskbar sobat dengan menekan klik kiri.

6. Desktop peek

Hal yang satu ini effeknya kurang timbul/terasa coba saja, beberapa buku yang pernah saya baca menyarankan untuk mencentangnya walaupun tidak diharuskan. Dengan cara mencentang box Use Aero Peek to preview the desktop lalu klik apply dan ok.

7. Other

  1. Taskbar location on screen merupakan perintah untuk memindah-mindahkan posisi taskbar sobat, seperti halnya pada point ke-4. terdapat 4 pilihan diantaranya Bottom (bawah), Left (kiri), Right (kanan), dan Top (atas)
  2. Taskbar buttons adalah sebuah perintah yang akan merubah tampilan icon yang sedang bekerja. Disini sobat dapat memilih salah satu dari tiga pilihan yang tersedia: Always yang berati icon akan tidak akan menampilkan label/ keterangan kerja seperti dokument 1, book 1 dan lain lain sesuai apa yang sedang dikerjakan, lalu Combine yang berati icon yang ada pada taskbar akan menampilkan label/keterangan kerja dan Never untuk pilihan ini hampir sama dengan pilihan ke-2.

Pembahasan diatas tidak mengharuskan sobat untuk mengikuti secara keseluruhan karena setiap individu memiliki seleranya masing masing “ manusia punya selera”  hehehe ini istilah baru saya, jadi jangan pernah berhenti untuk mencoba hal-hal baru apalagi jika sobat memiliki peralatan yang mendukung manfaatkan hal itu semaksimal mungkin karena ilmu dapat berasal dari hal-hal yang kecil. Itu saja pesan dari saya sampai jumpa di artikel selajutnya dan coba untuk suka membaca, salam skipzen