Materi WAN Membahas Standard WAN Dan Dasar-Dasar Routing

Materi WAN

Pada kesempatan yang kosong ini saya mencoba berbagi apa yang saya pelajari dari sekolah dengan tujuan untuk membantu sobat-sobat skipzen yang masih harus mempelajari hal-hal seperti ini layaknya saya. Dengan sedikit memahami jaringan yang sering kita gunakan seperti wifi ditempat-tempat tertentu dan wifi-wifi lainnya supaya sobat tidak hanya menjadi seorang konsumen yang tau pakainya saja tapi tidak tau apa-apa mengenai jaringan yang sedang sobat akses. ayo luangkan waktu sobat untuk menambah pengetahuan sedikit demi sedikit.

Standard WAN, Fisik WAN dan Organisasi Standard WAN

OSI Layer yang digunakan pada WAN hanya berfokus pada layer 1 dan layer 2. Standar WAN umumnya mengambarkan baik itu metode pengiriman layer 1 dan kebutuhan layer 2, sekaligus alamat fisik, aliran data dan enkapsulasi. berikut ini adalah Organisasi yang mengatur Standar WAN.

Acronym Organization
ITU-T ( was CCITT ) International Telecommunication Union Telecommunication Standardization Sector Formely the Consultative Committee for international Telegraph and Telephone
ISO International Organization For Standar Dization
IETF Internet Engineering Task Force
EAI Electronic Industries Association
TIA Telecommunication Industries Association

Protocol Layer 1 memberitahukan bagaimana menyediakan secara elektris, operasi, mekanis dan fungsi koneksi yang telah disediakan oleh service Provider. table dibawah ini akan mengambarkan mengenai beberapa standar fisik dan koneksinya.

Standard Description
EAI/TIA - 232 EAI/TIA - 232 Male dan EAI/TIA - 232 Female
EAI/TIA - 449/530 EAI/TIA - 449 Male dan EAI/TIA - 449 Female dan EAI - 530 Male
EAI/TIA - 612/613 EAI - 613 HSSI Male
V. 35 V. 35 Male dan V. 35 Female
X. 21 V. 21 Male dan V. 21 Female

Data Link Layer sudah menjelaskan bagaimana data diengkapsulasi untuk ditransmisikan ke remote site dan mekanisme untuk sebuah pengiriman yang menghasilkan Frame. Tersedia bermacam-macam teknologi yang dapat digunakan seperti ISDN, Frame Relay atau asynchronous Transfer Mode ( ATM ). Protokol Ini menggunakan dasar mekanisme Framing yang sama yaitu High – Level Data Link Control ( HDLC ) atau satu dari bermacam variannya Seperti Point to point Protocol.
 CISCO
CSS

Circuit Switched ISDN D Channel LAPD
ISDN B Channel, PPP, X. 25. Frame Relay

Dasar- Dasar Routing

Routing Langsung dan Tidak Langsung
Proses pengiriman datagram IP selalu menggunakan tabel routing. Tabel Routing yang berisikan informasi yang dibutuhkan untuk menentukan kemana arah datagram harus dikirim. Datagram juga bisa dikirim secara langsung ke host tujuan atau harus melalui host lain terlebih dahulu sebelum terkirim ke host tujuan yang tergantung pada tabel routing.

Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi sobat skipzen yang masih duduk dibangku sekolah, manusia diciptakan dengan kemampuan yang luar biasa jadi tergantung diri seseorang itu untuk membiasakan hal-hal yang bisa membuat nya menjadi lebih ditiap harinya. Untuk pembahasan mengenai Materi WAN kali ini jika sobat punya pertanyaan atau ketidak pahaman terhadap pembahasan kali ini silakan berkomentar dikolom komentar atau contact saya via SosMed

Author : Muhammad Romadhoni
Facebook ID : Muhammad Romadhoni 
Twitter ID : @skipzen
Google + ID :  Klik ini