MikroTik RouterOS: Perintah Dasar Yang Sering Dipakai Seorang Admin Profesional Untuk Memanagemen Sebuah Jaringan
Skipzen - Tips dan Trik Windows, MikroTik RouterOS. sebagai seorang admin maka sobat harus profesional dalam memanagemen jaringan yang menjadi tanggung jawab seorang admin . Jika sobat tidak profesional lalu bagaimana nasib si jaringan, maka sobat harus bersiap-siap untuk dipecat dari dari pekerjaan sobat.
MikroTik RouterOS: Perintah Dasar

Apalagi dengan maraknya Cracker yang senantiasa beredar didekat sobat untuk mencari sebuah celah sebagai jalan masuknya, itulah mengapa dibutuhkan seorang admin yang handal.
Saya akan langsung bahas perintah dasar yang sangat dibutuhkan seorang admin untuk menjadi  propesional dan handal.

1. Login
MikroTik RouterOS: Perintah Dasar
Login adalah Tahap paling awal yang perlu sobat lakukan, tanpa login sobat tidak akan bisa memcoba perintah selanjutnya. Jadi pastikan bahwa sobat sudah login kedalam MikroTik dengan cara ketik “admin pada kolom MikroTik login” dan biarkan password tetap kosong.

2. Tab
MikroTik RouterOS: Perintah Dasar
Tab adalah perintah yang berguna untuk mengetahui perintah apa saja yang bisa kita gunakan disitu, Perintah ini sangat membantu kita jika kita melupakan beberapa perintah penting. Cukup dengan klik tab kemudian text bewarna biru dan ungu akan muncul dimana:

  • Text yang berwarna biru digunakan untuk melakukan perintah didalamnya, contoh : ketika kita mengetikan interface Maka kita akan masuk kedalam direktory-nya.
  • Text yang berwarna Ungu perintah tersebut digunakan untuk langsung melakukan pengaturan padanya atau esekusi perintah, contoh redo berarti sobat akan kembali ke pengaturan sebelumnya dan lainnya.

3. Perintah Titik Dua ( .. )
MikroTik RouterOS: Perintah Dasar
Titik dua adalah perintah untuk kembali ke satu direktori dibelakang, sobat hanya perlu mengetikan perintah .. kemudian enter. Seperti yang terlihat pada gambar /interface wireless info> jika kita menggunakan perintah .. maka akan kembali ke /interface wireless>.
Sama halnya jika sobat mengetikan perintah Titik dua 2x dengan spasi (.. ..) maka dia akan kembali 2 direktory dibelakangnya, sperti gambar berikut ini.
MikroTik RouterOS: Perintah Dasar

4. Perintah Slash ( / )
MikroTik RouterOS: Perintah Dasar
Perintah Slash ( / ) Adalah perintah yang sering digunakan untuk kembali kedirektori awal yaitu [admin@MikroTik] > , seperti pada gambar yang menunjukan bahwa sobat tengah berada di direktori Inteface wireless info kemudian sobat mengetikan /  dan menekan enter maka sobat akan kembali ke direktori awalnya yaitu [admin@MikroTik] >.

5. Perintah Print
MikroTik RouterOS: Perintah Dasar
Perintah print adalah perintah pendamping, maksudnya pendamping disini adalah perintah yang hanya bisa dikerjakan bila ada perintah awal yang benar kemudian diakhiri perintah print, seperti contoh pada gambar diatas.

6. Perintah Add, Remove, Edit dan Set coming soon
A. Add
B. Remove
C. Edit
D. Set

Sekarang apakah  sobat masih berminat untuk menjadi seorang admin?. Menjadi seorang admin memang tidaklah mudah dan harus memiliki tanggungjawab yang besar terhadap jaringannya, namun juga ada beberapa hal yang membuat seoraang admin terasa keren dan hebat. Mungkin sampai disini pembahasan kita, semoga artikel saya mengenai MikroTik RouterOS: Perintah Dasar yang Sering dipakai Seorang Admin Profesional Untuk Membuat sebuah Jaringan  dapat membantu sobat untuk menjadi admin yang sesunguhnya. keep read.

Tertarik!………… Sobat bisa mendapatkan lebih banyak lagi artikel-artikel menarik lainnya, cara-cara yang super keren dan book panduan lengkap MikroTik RouterOS dengan cara follow media sosial Weblog skipzen. Sebagai salam penutup terima kasih, jika sobat mengalami masalah atau ada pertanyaan yang ingin sobata ketahui jawabannya  silakan contact saya memalaui kolom komentar dibawah ini atau contact saya via Media Sosial.

Author : Muhammad Romadhoni
Facebook ID : Muhammad Romadhoni
Twitter ID : @skipzen 
Google + ID : Klik ini