Google Search Tags: Pengetian Dashboard Blogger. Dashboard Blogger Bagian 1. Fungsi Menu-Menu Dashboard Blogger.Pengetian Dan Fungsi Menu-Menu Bagian 1. Pengetian Dan Fungsi Menu-Menu Pada Dashboard Blogger Bagian 1. dasar-dasar sesudah membuat blog. gagasan-gagasan menu dashboard . Dashboard Blogger.com

Pengetian Dan Fungsi Menu-Menu Pada Dashboard Blogger Bagian 1

Fungsi Menu-Menu Pada Dashboard Blogger

Apa sih Dashboard itu?

Dashboard adalah sebuah tampilan dimana didalamnya terdapat menu-menu yang membantu sobat, yang didalamnya sobat dapat dengan mudah memajement kegiatan-kegiatan pada blog sobat baik itu aktivitas internal maupun eksternal.

Dihari yang cerah ini saya akan bagikan ilmu yang saya dapat selamat ngeblog walaupun cuma sekedar hal dasar namun saya berharap pembahasan kali ini dapat bermanfaat dan membantu sobat blogger. Pernah dengar instilah pondasi? rumah yang dibangun tanpa pondasi dan struktur yang jelas apa bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama? tentu tidak, sama halnya dengan membahas Pengertian dan Fungsi Menu-Menu pada Dashboard blogger yang menurut saya pribadi adalah pondasi ngeblog, mungkin jika sobat seorang blogger profesional mungkin tidak asing lagi dengan yang namanya Dashboard Blog tetapi bagaimana dengan blogger-blogger baru yang bahkan belum tau tatacara ngeblog.

Saya tidak mengharuskan sobat blogger untuk  hafal dengan pengertian maunpun fungsinya melaikan paham untuk apa menu itu digunakan dan apa keuntungannya untuk untuk blog sobat, untuk mempersingkat waktu sebaiknya saya langsung mulai:

Pengertian dan fungsi menu-menu pada dashboard blogger

1. Entri Baru/New Post yang berarti membuat artikel/postingan baru.
Menu yang satu ini berfungsi untuk membuat Postingan atau Artikel Baru pada Blog Sobat untuk di plubikasikan atau ditaruh di daftar draft.

2. New Page/Halaman Baru yang berarti membuat halaman/page baru.
Menu yang satu ini hampir sama dengan menu New Post namun berbeda maksud karena berfungsi untuk membuat halaman/page baru untuk blog sobat.

3. Lihat Blog/View Blog yang berarti menampilkan blog sobat pada sebuah browser.
Menu ini berfunsi untuk melihat tampilan Blog sobat di Browser, apabila sobat klik maka akan membuka alamat blog sobat dan menampilkannya di tab baru pada Browser Sobat.

4. Akun yang berarti surel name yang sobat pakai untuk ngeblog.
Menu ini berfunsi untuk berpindah akun yang satu ke akun yang lainnya dan terdapat pemberitahuan lainnya.

5. Pengaturan adalah menu yang jarang digunakan sobat blogger.
Menu ini dapat berfungsi agar sobat dapat mengatur bahasa, setting id dan lain sebagainya untuk blog sobat.

6. Ikhtisar/Overview yang berarti menampilkan aktifitas blog sobat mulai dari pengunjung blog, jumlah viewer dan lain sebagainya.
Menu ini berfungsi untuk menampilan Statistik blog Terbaru, untuk memantau pengunjung blog kita dan darimana mereka berasal.

7. Pos/Posts yang berarti daftar posts dan keterangan dari setiap postingan sobat.
Menu yang satu ini berfungsi untuk melihat Postingan yang sudah di publikasikan dan yang masih dalam daftar atau belum di publikasikan, melalui menu ini sobat dapat mengedit postingan-postingan lama ataupun baru.

8. Laman/Pages sama seperti halnya menu Posts yang berarti berisi daftar laman/pages pada daftar draft ataupun publish.
Menu ini berfungsi untuk membuat, mengedit serta melihat Laman atau Halaman yang akan dibuat dan belum.

9. Komentar/Comments adalah menu  dimana didalanya sobat dapat mengatur hal-hal yang menyangkut sebuah komentar yang akan tampil diblog sobat.
Menu yang satu ini berfungsi untuk melihat Komentar dari pengunjung yang masuk di blog kita, Dimana didalam menu ini terdapat submenu Publised untuk melihat komentar yang sudah di Publikasikan, submenu Awaiting Moderation untuk melihat Komentar yang antri menunggu di publikasikan dan submenu Spam untuk melihat Komentar Spam yang tidak berguna.

10. Google + Adalah sebuah akun yang diperlukan untuk membuat sebuah blog di blogger.com Untuk mengkoneksikan Blog dengan akun Google+ Sobat. Disini sobat bisa mengatur Postingan kita akan secara otomatis dishare ke Google+ setiap kali sobat memposting halaman baru dan laman baru atau notifikasi untuk share postingan di Google + dan juga mengaktifkan Google + comment pada Blog .

11. Statistik/Stats adalah menu yang akan memperlihatkan riwayat blog sobat sepanjang waktu dari awal ngeblog sampai saat ini.
Menu ini berfungsi untuk menampilkan Ikhtisar/Overviews dimana memuat tampilan awal statistik terbaru blog kita. Menampilkan Post yang akan memperlihatkan Statistik setia postingan sobat dan juga sobat bisa mengetahui berapa banyak orang yang sudah melihat setiap  postingan sobat atau jumlah Page views dari masing-masing postingan.
Menampilkan Sumber lalu lintas / traffic Source yang meperlihatkan tempat blog kita diakses atau yang disebut dengan backlink. Menampilkan Audience / pemirsa yang berfungsi untuk melihat dari negara, type browser dan sistem operasi apa yang sudah mengunjungi blog sobat.

12. Earning/Penhasilan adalah menu khusus untuk iklan Google Adsense.
Menu yang satu ini akan muncul jika blog sobat sudah menganti bahasa menjadi english language dan menu ini  berfungsi untuk menampilkan Iklan Google Adsense setelah approved pada blog sobat dan untuk masuk ke dashboard Google Asense.

13. Kampanye/Campaigns adalah menampilkan blog sobat lewat iklan berbayar.
Menu yang satu ini kurang berguna untuk sobat yang dompetnya tipis, dengan ini sobat tidak perlu lagi pusing dengan teknik seo atau juga disebut meningkatkan trafik blog tanpa seo dengan mempromosikan Blog kita melalui Iklan di google atau Google adwords.

14. Tata Letak/Layouts adalah menu menambahkan baik itu widget,script atau memindah posisinya.
Menu yang satu ini jelas berfungsi untuk mengedit tata letak Blog kita, disini kita bisa manmbahkan Widget pada blog kita maupun posisi widget pada Blog kita agar blog sobat lebih terlihat teratur dan cantik.

15. Template adalah menu yang berisikan file XML yang bisa sobat edit, ganti dan buat.
Menu ini sangat penting untuk sobat blogger karena berfungsi untuk mengatur Template kita , membackup maupun restore template kita, mengubah dan menyesuaikan tampilan template blog, serta mengaktifkan maupun menonaktifkan tampilan mobile template blog dan Mengedit HTML template kita sesuka hati namu tetap mengikuti aturannya.

16. Setelan/Setting adalah salah satu menu yang penting untuk sobat dimana didalamya terdapat submenu untuk mengatur blog Kita.
Menu ini berfungsi untuk mengatur Basic, Post and comment, Mobile and email, language and formating, search preference dan other.

Mungkin dasar-dasar sesudah membuat blog hari ini saya rasa cukup untuk memberikan informasi penting untuk sobat blogger, segala hal yang saya paparkan diatas ini merupakan gagasan-gagasan menu dashboard menurut saya dan semoga pembahasan saya kali ini memberikan pengetahuan dan manfaat bagi sobat-sobat skipzen. Dan jika agan merasa ada yang masih kurang dengan pembahasan saya silakan bantu saya menyempurnakan pembahasan melalui komentar atau contact saya via SosMed. Keep Read.

Author : Muhammad Romadhoni
Facebook ID : Muhammad Romadhoni
Twitter ID : @skipzen
Google + ID :  Klik ini