Friday, November 6, 2015

Google Search: Tags: Mikrotik sebagai DHCP Server adalah. Cara Konfigurasi mikrotik sebagai dhcp server. langkah-langkah konfigurasi mikrotik sebagai dhcp server. Pembahasan Lengkap Mikrotik Sebagai server. Penjelasan mengenai mikrotik sebagai dhcp server. konfigurasi mikrotik sebagai dhcp server dalam praktek nyata. perintah-perintah untuk konfigurasi mikrotik sebagai dhcp server. konfigurasi mikrotik tahap 3.

Cara Konfigurasi Mikrotik Sebagai DHCP Server Beserta Pembahasan Lengkap Dalam Praktek Nyata

Konfigurasi mikrotik sebagai gateway

Cara mengkonfigurasi mikrotik sebagai DHCP Server dengan penjelasan lengkap dimana mikrotik ini juga berperan sebagai gateway dan pada saat client ingin mengakses internet dia tidak haru melakukan pengaturanip lagi jika cuma satu mungkin tidak masalah tapi jika jumlahnya lebih dari 5 sunggguh merepotkan itulah mengapa dhcp server sangat diperlukan untuk hal seperti itu karena mikrotik sebagai dhcp server akan berfungsi untuk memberikan alamat ip kepada client secara otomatis.
Menyiapkan peralatan-peralatan berikut ini untuk dapat membuat mikrotik sebagai gateway:

  1. 1 buah TP-Link
  2. 1 buah Mikrotik Routerboarband
  3. 1 buah modem
  4. 2 buah PC ( PC Setup dan PC Client )
  5. Beberapa kabel seperti ( kabel straight dan kabel power )

Tetapi sebelum itu kita juga akan melakukan  konfigurasi mikrotik sebagai gateway yang berarti bahwa didalam proses konfigurasi mikrotik sebagai DHCP Server kita sekaligus akan melakukan konfigurasi mikrotik sebagai gateway. untuk melakukan konfigurasi mikrotik sebagai gateway silakan ketikan perintah berikut:

#interface print
#interface set ether0 name=internet
#interface set ether1 name=setup
#interface set ether2 name=lan
#interface print
#ip address add address=192.168.1.2/24  interface=internet
#ip address add address=192.168.27.1/24 interface=lan
#ip route add gateway=192.168.1.1
#ip dns set server=192.168.170.28,10.11.12.14 allow-remote-requests=yes
#ip firewall nat add action=masquerade chain=srcnat out-interface=internet

Perintah diatas adalah perintah untuk melakukan konfigurasi mikrotik sebagai gateway, selanjutnya sobat akan melakukan konfigurasi mikrotik sebagai hotspot dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Memberikan nama address pool dan range ip (batasan) ( dimana client akan berebut untuk mendapatkan ip yang ada dalam range tersebut, menggunakan perintah berikut ini:
#ip pool add name=skipzen range=192.168.27.10-192.168.27.20

2. Masukan dhcp servernetwork dan ip gateway dari interface lan, menggunakan perintah berikut ini:
#ip dhcp-server network add address=192.168.27.0/24 gateway=192.168.27.1

3. Sekarang masukan pengaturan address pool tadi kedalam interface lan, menggunakan perintah berikut ini:
#ip dhcp-server add interface=lan address pool=skipzen

4. Untuk melihat apakah pengaturan sukses gunakan perintah ini:
#ip dhcp-server print

5. Pada saat kita melakukan langkah ke-4 , maka akan terlihat bahwa dhcp yang baru dibuat tersebut masih dalam keadaan disable ( bertandakan X ), enable kembali dengan mengetikan perintah berikut ini:
#ip dhcp-server enable

6. Kemudian cek apakah client sudah mendapatkan ip secara otomatis, dengan cara klik kanan  pada tray icon wireless yang ada dipojok kanan bawah dan pilih ‘ Open Network And Sharing Center’ kemudian pada menu Network and Sharing Center Klik nama akses type connection lalu klik detail, disitu akan terlihat bahwa client mendapatkan ip address 192.168.27.20 secara otomatis tanpa sobat atur.

Sebagai salam penutup terima kasih, jika sobat mengalami masalah atau ada pertanyaan yang ingin sobata ketahui jawabannya  silakan contact saya memalaui kolom komentar dibawah ini atau contact saya via Media Sosial, Keep try.

Author : Muhammad Romadhoni
Facebook ID : Muhammad Romadhoni
Twitter ID : @skipzen
Google + ID : Klik ini