Saturday, August 13, 2016


Skipzen News - Khalil Shreateh adalah seorang peretas dari Palestina yang berhasil menemukan bug dalam sistem keamanan facebook, walaupun begitu sang peretas tidak mendapatkan respon positif dari pihak facebook. Alhasil Khalil memulai aksinya dengan langsung menyerang akun sang pemilik facebook coorporation, dan hanya mendapatkan permintaan maaf saja dari pihak facebook.

Informasi terbaru mengatakan bahwa Khalil Shreateh mendapatkan bayaran 100 juta, namun bukan berasal dari pihak facebook, melainkan dari komunitas peretas di seluruh dunia.

100 Juta Kepada Khalil Shreateh Setelah Meretas Facebook dan Facebook Hanya Minta Maaf

Marc Maiffret, seorang Chief Technology Officer dari perusahaan keamanan siber BeyondTrut. Ia berinisiatif untuk mengumpulkan uang untuk Khalil dengan mengumpulkan dan meminta para peretas diseluruh dunia untuk menyumbangkan uang dengan target sebesar 10.000$ AS atau sekitar Rp.100 Juta.

Maiffret menggungkapkan kepada kantor berita Reuters bahwa ia telah berhasil mengumpulkan uang sebesar 9.000 dollar AS, termasuk 2.000 dollar AS yang disumbangkan sendiri olehnya.

"Shreateh sedang duduk di Palestina mengerjakan penelitiannya dinotebook-nya yang telah berumur 5 tahun, yang tampak akan segera rusak. Uang ini mungkin akan sangat membantu dia," Ujar Maiffret.

Hal ini dilakukan oleh Marc dikarenakan tidak setuju dengan keputusan facebook yang tidak memberikan sepesen pun kepada Khalil, hal ini tidak sesuai dengan kebijakan facebook dalam sebuah program bernama "Bug Bounty", dimana bila ada seseorang yang bisa menemukan bug dalam sistem mereka, mereka akan membayar untuk itu.

Hadiah yang ditawarkan dalam bug bounty sekitar 500 dollar AS yang akan diberikan oleh pihak facebook kepada yang berhasil menemukan bug.


Sebelumnya, Khalil berhasil menemukan sebuah bug yang mengizinkan seseorang untuk mem-posting ke lini masa pengguna lain, tanpa harus berteman atau terhubung terlebih dahulu denganya.

Setelah khalil menghubungi pihak facebook untuk memberitahukan bug tersebut, khalil malah tidak diberikan perhatian khusus, padahal bug ini sangatlah berbahaya bagi mereka. Hal ini membuat khalil memulai aksi selanjutnya dengan mem-posting masalah ini langsung ke dinding Mark Zuckerberg dan langsung mendapatkan jutaan perhatian dari para pengguna facebook.

Postingan yang dituliskan khalil dalam dindind facebook Mark adalah sebagai berikut "Pertama-tama mohon maaf telah membobol privasi dan mem-postingke dinding Anda, saya tidak punya pilihan lain untuk melaporkan apa yang sudah saya kirim ke tim facebook," 


Joe Sullivan, Chief Security Officer Facebook mengatakan "Kami tidak akan mengubah peraturan dengan menolak membayar hadiah kepada peneliti yang menguji kerentanan pada pengguna sungguhan," 

Bersamaan dengan peryataan dari Joe, pihak facebook pun mulai menutupi celah keamanan itu. Dan meminta maaf kepada Khalil atas kesalahan mereka, namun tpihak facebook tidak akan memberikan bayaran apapun kepada Khalil.

Hal ini lah yang sungguh disayangkan oleh komunitas peretas di seluruh dunia.


Tag: Khalil Shreateh berhasil meretas facebook, facebook diretas, bug bounty facebook, bug berbahaya untuk facebook, seseorang yang berhasil menemukan bug facebook, dapatkan bayaran setelah meretas, hadiah untuk para penemu bug facebook, yang dilakukan facebook untuk khalil shreateh.

2 comments:

Ahmad Mazlan said...

Gak biasanya facebook tidak memberi penghargaan

Muhammad Romadhoni said...

itulah yang banyak membuat kecewa, padahal bug yang diberitahukan ini sangat berbahaya untuk facebook. si khalil cuma dapat minta maaf dari pihak facebook. program bug bounty facebook 500 dolar mana coba?

Post a Comment