Skipzen - SEO Blogger, Research Keyword – Tips yang satu ini masih proses pembelajaran karena banyak sekali blogger baik diindonesia maupun diluar yang menyarankan untuk research keyword, walupun hingga detik ini saya masih belum mengerti apa fungsi menonjol dari research keyword. Saya mungkin hanya blogger yang ingin mencoba melakukan research agar lebih baik dan setelah beberapa bulan belajar saya hanya menemukan cara mimilih dan meletakan keyword kedalam artikel kita melalui google adwords.

Kalo dibilang ini teknik untuk menduduki page one saya yakin ngak juga, karena saya juga sudah melakukan research.
cara research keyword
Jadi jangan terlalu terpaku untuk selalu melakukan research keyword, capek dapetnya. Kalo emang mau cari judul artikel maupun deskripsi tinggal kreasiin sendiri mau pilih yang tertarget ataupun yang lagi ngetrend. Saya sendiri juga jarang memakainya karena hasilnya ngak terlalu kelihatan bagi saya.
Bayangin aja kalo kita publish artikel hingga 5 kali sehari ini bakalan menguras otakkan apalagi dengan ditambah harus memikirkan judul berdasarkan keyword tadi tapi mungkin ada juga blogger yang memakai cara ini, tergantung kitanya aja.

Saya tulis tutorial ini karena ada permintaan dari temen blogger yang masih binggung cara mencari keyword (research keyword) dan harus diletakan dimana keyword itu? Tapi sebelum saya lanjutkan tutorialnya mending saya jelaskan sedikit. Misalnya saat anda ingin membuat blog niche kesehatan maka anda dianjurkan mencari keyword-keyword yang berhubungan dengan tema blog anda tadi yang nantinya akan ditempatkan dalam deskripsi blog dan juga dalam judul artikel anda.

Kemudian anda membagi niche kesehatan tadi menjadi beberapa bagian yang anda tulis dalam notebook.
Misalnya:

  • Kesehatan saat bulan puasa
  • Menjaga kesehatan tubuh
  • Kesehatan gigi
  • Kesehatan mata
  • dll


Tanpa anda sadari anda sudah melakukan research keyword, namun research keyword dengan metode ini memiliki kekurangan yaitu anda tidak bisa melihat persentase peningkatan/tren dari keyword yang sudah anda tulis tadi. Untuk itulah beberapa web menawarkan beberapa tools research keyword secara gratis, yang mana kita bisa melihat tingkat tren, level persaingan, dan penguna internet target tiap bulannya jika anda berhasil menduduki page one.

Beberapa website yang bisa anda gunakan untuk melakukan research keyword adalah sebagai berikut:
  1. Google Keyword Planner
  2. Google Adwords
  3. Search Angine (google, yahoo, bing, dll)
  4. Media Sosial
  5. Smush
  6. Dll
Saya kasih tutorial google adwords karena akun google keyword saya sedang mengalami galat. Yah itu tadi sedikit penjelasan mengenai research keyword, masih belum sebanding dengan banyaknya penjelasan research keyword yang dibahas mastah-mastah blogger. Sekarang silakan ikutin cara menargetkan kata yang sering dicari di mesin pencari google.

Langsung simak langkah-langkahnya.

  1. Pergi ke halaman "Google Adwords", kemudian login menggunakan akun gmail yang sudah dibuat.
  2. Lalu pilih "Search for new keyword using a phrase, website or category" dan masukkan keyword yang ingin dicari seperti contoh berikut ini.
    Belajar Cara Mencari Keyword menggunakan Google AdWords Lengkap
    Kolom Your product or services, masukan keyword yang ingin dicari, misalnya: komputer.
    Kolom Your landing page, masukan url blog anda.
    Kolom Your product category, pilih jenis/kategori keyword yang anda cari.
    kemudian klik Get Ideas.
  3. Kemudian Anda lakukan pencatatan keyword apa saja yang memiliki tinggkat competition dan traffik yang baik/sedang. saran saya jangan gunakan keyword yang competisi dan traffiknya kecil.
  4. Selanjutnya letakan keyword yang sudah anda susun kedalam paragraf artikel anda, boleh juga diletakan pada judul halaman dan deskripsi artikel, seperti pada gambar berikut ini.


Itu saja tutorial panjang mengenai cara cepat mencari keyword menggunakan Google AdWords.


Alternatif research Keyword Untuk Topik Terbaru

Dengan membahas konten-konten terbaru dalam blog, bisa membuat blog anda lebih uptodate dan lebih mudah dipercaya karena selalu memberikan informasi terbaru dan banyak dibutuhkan oleh para pengguna internet. Namun Bagaimana anda bisa menemukan konten yang uptodate, menarik dan informative tersebut?

Google Adwords

Ya benar, google adwords adalah salah satunya, namun karena kerumitan dalam membaca statistic datanya membuat tool ini kurang diminati. Jika anda salah satu orang itu maka saya rekomendasikan untuk membaca artikel ini. Karena disini saya akan berikan alternative lain selain google adwords dan tentunya lebih mudah untuk dipahami.

Berikut ini layanan yang disarankan para blogger berpengalaman untuk mencari keyword terpopuler adalah:

  1. Trends atau hottrends
    Dengan layanan dari google ini Anda bisa menemukan keyword yang sedang populer saat ini atau bisa juga disetting waktunya menurut kemauan Anda dan bisa melihat perkembangan graffic pencarian dari keyword tersebut. 
  2. Buzz
    Disini anda bisa melihat topik apa saja yang banyak di buzz up dan bisa melihat top search pada bagian footer nya dari layanan yang ada di yahoo ini. 
2 tool alternatif diatas bisa anda gunakan setiap waktu tanpa harus membayar looh, namun tetap harus diperhatikan bahwa konten yang anda buat juga tidak boleh mengada-ngada alias bohong.

Ingat :  tools yang saya bagikan ini dapat diakses baik melalui mobile maupun persolan computer.

Anda bisa gunakan keyword yang didapatkan dari 2 tool diatas untuk membuat sebuah tema blog (niche), Jika anda melakukan hal ini saya berikan sarankan beberapa tool untuk mencari keyword turunannya, mumpung saya lagi berbaik hati….hhehe. Anda bisa temukan turunan keyword dan kepopulerannya dari tools dibawah ini:
  1. Freekeywords
  2. Keyworddiscovery
  3. Nichebotclassic
Maaf jika tidak bisa memberikan gambarnya, tenang cara pakai tools nya simple dan mudah kok, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat buat sobat blogger. Dan terima kasih telah membaca tulisan mengenai alternatif research keyword untuk topik terbaru selain google adwords.