Google Webmaster merupakan salah satu layanan yang diberikan google secara gratis, dimana para blogger menggunakannya untuk melihat perkembangan blog mereka tiap harinya.Hal tersebut baru bisa anda lakukan setelah melakukan verifikasi google webmaster dengan memasang meta tag yang sudah disediakan google pada blog anda. Dengan begitu google webmaster memastikan keyakinan bahwa anda-lah pemilik sah dari blog yang anda verifikasikan tersebut demi keamanan. Kode verifikasi bisa anda dapatkan dengan sangat mudah, hanya dengan beberapa klik saja ada bisa mendapatkanya. Saya sarankan untuk segera memasang kode verifikasi google webmaster pada saat Anda membuat blog baru dan terus memasangnya walupun berganti template.

Kode verifikasi google webmaster memiliki beberapa pilihan, namun yang saya akan berikan adalah cara mendapatkan kode verifikasi google webmaster menggunakan meta tag, sama halnya seperti kode verifikasi pada alexa dan google catalog.

Langsung simak saja tutorial berikut ini, cara mendapatkan kode verifikasi beserta cara memasangkannya dalam blog.

Cara Mengetahui Kode verifikasi google webmaster

  1. Pastikan bahwa Anda sudah login gmail.
  2. Silakan menuju ke halaman google webmaster.
  3. Karena sebelumnya anda sudah mendaftarkan blog di google webmaster, klik Manage property yang ada dibagian kanan blog anda.
  4. Kemudian klik pilihan yang bertuliskan "Verify this property".
    Kode verifikasi google webmaster
  5. Lalu copy kode yang tertera tapi jangan diklik tombol Verify dulu ya, lanjut ke langkah 6.
    Kode verifikasi google webmaster
  6. Cara memasang meta tag atau kode verifikasi google webmaster kedalam template blog anda, berikut caranya.
  7. Silakan masuk ke Dashboard Blog anda, kemudian pilih menu Template > Edit HTML.
  8. Setelah itu cari kode ]]<b:skin> dengan menekan ctrl + f untuk mempermudah pencarian anda.Paste kode verifikasi google webmaster yang sebelumnya anda sudah copy, letakan kode tersebut diatas kode   ]]<b:skin><![CDATA[.
  9. Langkah terakhir silakan simpan Template.
  10. Kembali lagi ke google webmaster tadi, Lalu  klik " Verify" tanpa menganti apapun dan selesai.

Itu tadi tutorial singkat mengenai cara verifikasi google webmaster menggunakan meta tag, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi anda dan terima kasih sudah membaca tulisan saya.