-->

Perbedaan Organisasi Komputer dengan Arsitektur Komputer - Nah kali ini Abang Zen bakalan kasih penjelasan lebih detai mengenai apa bedanya organisasi komputer dengan arsitektur komputer, temen-temen pasti binggung organisasi komputer itu apa kak, yuk langsung aja ke bagian pengertian biar ngak spend your time
Perbedaan Organisasi Komputer dengan Arsitektur Komputer

Pengertian 

Arsitektur Komputer mempelajari atribut – atribut sistem computer yang terkait dengan seorang programmer.
Contoh : Set intruksi, Arimatika yang digunakan, teknik pengalaman, dan mekanisme input output.

Organisasi Komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem computer
Contoh :Sinyal Kontrol, Interface, Teknologi memori

Perbedaan

Arsitektur Komputer Adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer.
Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing-masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU bekerja, mengenai cara pengaksesan data, dan alamat dari dank e memori cache, RAM , ROM, cakram  keras dll.

Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem computer.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:

  • Set instruksi (ISA)
  • Arsitektur mikro dari ISA, dan
  • Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.

Organisasi Komputer

Adalah bagian yang terkait dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem computer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya.
Contoh aspek organisasional nya adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka atau perangkat interface, teknologi memori, dan sinyal-sinyal control.
Arsitektur computer lebih cenderung pada kajian atribut-atribut sistem computer yang terkait dengan seorang programmer.
Organisasi komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional,kinerja,dan target biayanya.

Perbedaan Utamanya

Organisasi Komputer : Bagian yang terkait dengan erat  dengan unit-unit operasional
Contoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka atau perangkat interface, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal-sinyal control

Arsitektur Komputer :Atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer
Contoh : set intruksi, arimetika yang digunakan, teknik pengalaman , mekanisme input output


:)

:(

=(

^_^

:D

=D

|o|

@@,

;)

:-bd

:-d

:p

Post a Comment